PENYULUHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SRANDAKAN

Rabu, 26 November 20140 komentar




Rabu, 26 November 2014 dimulai pkl 09.30 wib di aula kec. Srandakan berlangsung Penyuluhan tentang Penyalahgunaan Napza yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial prov. DIY.

Hadir dari Dinsos Prov. DIY Barid dan Widodo, Narasumber dari Dit. Narkoba Polda DIY Kompol Rahmad dan AKP Endang dan dari Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta Purwoto, Muspika Srandakan, Tokoh masyarakat, agama dan mantan pengguna napza kurang lebih 25 orang.

Sambutan Bapak Purwoto dari Panti Sosial Parmadi Putra menyampaikan yang pada intinya untuk memaksimalkan usaha pencegahan penyalahgunaan Napza ini, Dinsos DIY bekerjasama dengan Psikolog, Polri, LSM, Pekerja sosial, Pendidik dan Tokoh agama.

Selain itu usaha kami juga akan sia-sia tanpa dukungan lingkungan keluarga masing-masing. Pecandu napza yang sudah direhabilitasi tidak akan terjerumus kembali apabila lingkungan keluarga mendukung. Pecandu harus didekati jangan dijauhi agar tidak semakin terjerumus. Rehalitasi pengguna sangat penting tetapi masalah yang lebih penting adalah masa pasca rehabilitasi.

Dalam kesempatanya AKP Endang menyampaikan yang pada intinya Tugas Polri terkait Napza antara lain preentif, preventif dan represif berupa pengungkapan jaringan. Sesuai undang-undang hakim mempunyai kewenangan mengambil keputusan untuk terdakwa narkoba apakah harus menjalani hukuman atau direhabilitasi. Pelapor kasus narkoba akan mendapatkan jaminan perlindungan dari Polri dan pelapor tidak akan dijadikan sebagai saksi di pengadilan. Ketergantungan dapat disembuhkan diawali dari niat para pecandu.

Disampaikanya apabila masyarakat menghendaki sosialisasi bahaya napza dapat menghubungi Direktorat Narkoba maupun BNN DIY. Selesai penyampaian materi dari narasumber dilanjutkan dengan giat Tanya-jawab. Pukul 11.30 wib giat penyuluhan berakhir dengan aman. (Sihumas Srandakan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger