UPACARA ADAT JAWA DAN KIRAB BUDAYA HUT DESA SENDANGSARI KE 68

Selasa, 25 November 20140 komentar



Kapolsek Pajangan AKP Riwanta menghadiri upacara adat Jawa, Pencanangan Desa Sendangsari bebas dari Buang Air Besar Sembarangan dan Kirab Budaya dari 18 Pedukuhan se Desa Sendangsari bertempat di Lapangan Kamijoro Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu 23 November 2014 jam 13.30 Wib.

Upacara dihadiri oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Syahril Sidiq, S.Pd.I dari KUA Pajangan, Pelda Parjangkung dari Koramil Pajangan dan Lurah Desa se Kec. Pajangan. Selain itu hadir juga seluruh perangkat Desa Sendangsari, Ketua BPD dan LPMD Desa Sendangsari, perwakilan PT Ameya serta tamu undangan lainnya.

Upacara adat jawa dengan menggunakan pakaian adat jawa dan Bahasa jawa adalah yang pertama dilakukan di Desa Sendangsari, bertindak sebagai Inspektur Upacara Lurah Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST dan masing-masing Komandan Bregodo adalah 18 Kepala Pedukuhan se Desa Sendangsari.

Sekdes Sendangsari Bpk. Baribanto dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam memperingati HUT Desa Sendangsari ke 68 Tahun 2014 telah dilaksanakan serangkaian kegiatan diantaranya Ziarah kubur kepada para sesepuh Desa Sendnagsari yang telah meninggal (21/11/2014), Pengambilan air suci dari Sendang Ngembel dan dilanjutkan dengan Mujahadah dan Pengajian di Balai Desa Sendangsari (21/11/2014), Pentas Kesenian Desa Sendangsari (22/11/2014), Upacara Adat Jawa dan Kirab Budaya Desa Sendangsari (23/11/2014), pentas Macopatan Desa Sendangsari (23/11/2014) dan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Bambang Nugroho dan Lakon Petruk takon Bopo di Balai Desa Sendangsari (24/11/2014).

Lurah Desa Sendangsari dalam upacara adat Jawa menyampaikan amanat bahwa kemajuan pembangunan Desa Sendangsari yang sudah menginjak ke 68 Tahun telah banyak kemajuannya hal tersebut merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan warga masyarakat Desa Sendangsari.

Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh Donatur dan stage holder yang telah membantu terlaksananya kegiatan HUT Desa Sendangsari ke 68 tahun. Marilah kita bersatu padu, bertindak baik dan menjauhi segala tindakan yang tidak terpuji sehingga Desa Sendangsari dapat menjadi Desa yang maju dan sejahtera.

Setelah upacara adat Jawa, Lurah Desa Sendangsari mencanangkan Bahwa Desa Sendangsari adalah Desa yang ke 13 di Kab Bantul yang telah mencangkan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS).

Kemudian beliau memimpin pembacaan Ikrar Stop BABS dan diikuti seluruh peserta upacara. BABS merupakan tindakan tercela dan tidak terpuji yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Masyarakat Desa Sendangsari harus dapat menjadi contoh dan melarang orang lain untuk BAB sembarang tempat. Dengan pencanangan ini diharapkan warga Desa Sendangsari dapat meningkatkan kualitas kesehatannya dan dapat berkarya membangun Desa Sendangsari.

Setelah upacara adat Jawa selesai kemudian dilanjutkan dengan kirab budaya Desa Sendangsari. Patroli Polsek Pajangan dan personil lainnya mengawal dan mengamankan kegiatan dengan dibantu linmas Desa Sendangsari, Rapi (Radio Antar Penduduk Indonesia) Pajangan, Senkom Pajangan dan kelompok masyarakat Desa Sendangsari lainnya.

Pelaksanaan kirab budaya dengan membawa gunungan, makanan dan ingkung serta produk-produk unggulan di pedukuhannya dilaksanakan dengan meriah. Sesampainya di Balai Desa makanan dan ingkung di doakan semoga dapat menjadi berkah dan mendapat limpahan Rejeki dari Allah SWT (Tuhan YME).

Hingga selesainya kegiatan upacara adat Jawa dan Kirab budaya Desa Sendangsari pada jam16.30 situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger