KIRAB BUDAYA DALAM RANGKA PERINGATI HARI JADI DESA WIROKERTEN

Senin, 08 Desember 20140 komentar



Bertempat di lapangan desa Wirokerten Kec. Banguntapan Bantul telah berlangsung Upacara Kirab Budaya memperingati hari jadi Desa Wirokerten yang ke 65, Minggu, 07 Desember 2014 pukul 13.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Hj. Sri Surya Widhati (Bupati Bantul), Endro Sulastomo, SH (Anggota DPR Kab. Bantul), Drs. Slamet Santoso,SIP (Camat Btp), Rahmawati SE ( Lurah Desa Wirokerten), Sriyanto (Lurah Desa Tamanan), Kompol Sudarsono (Kapolsek Btp), Kapten Infantri Suyadi (Danramil Btp) dan ribuan masyarakat.

Sebagai Irup Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widhati dalam amanatnya menyampaikan peringatan Hari Jadi Ke -65 Desa Wirokerten Banguntapan Bantul harus dijadikan momentum dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. dengan layanan prima tersebut diyakini mampu berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.   karena kesejahteraan merupakan modal penting untuk mendukung program pembangunan pemerintah.

“Sebagai bupati saya merasa  bangga, mulai pamong desa, masyarakat masih berkenan melestarikan budaya bangsa lewat acara ini,” kata Bupati.

Menurutnya, budaya sangat erat kaitannya dengan karakter sebuah masyarakat. artinya pembangunan yang dilakukan pemerintah sangat membutuhkan hadirnya partisipasi masyarakat. Dalam acara itu juga dilakukan penanaman bibit pohon akasia di sekitar lapangan Wirokerten.

Lurah Desa Wirokerten  Rakhmawati Wijayanigrum ST mengatakan, dalam hari jadi tersebut melibatkan delapan dusun di Wirokerten. Adapun tujuan Kirab Budaya Desa Wirokerten bertujuan mencintai Tradisi dan Budaya Sebagai Sebuah Cermin kearifan yang memberikan penyadaran terhadap nilai nilai sosial, budaya dan agama.

Dalam kirab budaya tersebut masing-masing menampilkan berbagai potensi di masing-masing dusun termasuk potensi kesenian dan produk-produk karya masyarakat  di Wirokerten.

Prosesi kirab diawali kelompok drumband, kemudian di belakangnya lurah desa dengan menaiki kuda,  di belakangnya kapolsek banguntapan dan camat banguntapan dan komandan Koramil. Puncak peringatan hari jadi akan digelar pantas wayang kulit dengan dalang Seno Nugroho.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya acara Kirab ini Personiol Polsek Banguntapan mengadakan pengamanan hingga berakhirnya acara situasi tertib dan aman. (Sihumas Banguntapan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger