PENYULUHAN BUDIDAYA TANAMAN BUAH PNPM MANDIRI PERDESAAN POLA KHUSUS (MP3KI) DI BALAI DESA GUWOSARI

Rabu, 10 Desember 20140 komentar



Bamin Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi menghadiri undangan kegiatan penyuluhan budidaya tanaman buah yang diselenggarakan oleh PNPM Mandiri Perdesaan Pola Khusus (MP3KI) Kec. Pajangan di Balai Desa Guwosari, Selasa 9 Desember 2014 jam 19.30 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Lurah Guwosari H. Muh Suharto, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Bpk. Muh. Mufassir, BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Bpk. Untung Suradal, Ketua Pokja Pembudidayaan Lahan Pekarangan Khususnya Tanaman Buah Bpk. Sutarjan, Sekretaris Pokja Nur Kholis, S.Sos.I, Bendahara Hermawan dan Sdr. Wiwid, nara sumber dari BPP Pajangan Bpk. Muh. Aris Kusnanto, S. Hut, M.P dan peserta penyuluhan berjumlah 73 orang dari 10 pedukuhan di Guwosari, Kembang Putihan, Kentolan Lor, Kentolan Kidul, Iroyudan, Gandekan, Kadisono, Karangmber, Kembang Gede, Santan dan Kalakijo.

Selain penyuluhan juga diadakan pembagaian bibit berupa, Sirsak, Matoa, Kelengkeng, Durian, Mangga, Sirkaya, Sawo Kecik, Jambu Biji dan Rambutan. Masing-masing akan menerima 8 jenis tanaman buah dan pupuk organik yang merupakan hasil dari program PNPM MP Kec. Pajangan sebanyak 16 Kg.

Lurah Guwosari dalam sambutannya menyampaikan kegiatan penghijauan ini digalakkan untuk menghindari tanah longsor dan erosi di bantaran kali Bedok. Program MP3KI ini diharapkan dapat menjadikan Desa Guwosari memiliki ikon dan identitas sebagai penghasil buah seperti tanaman buah matoa.

Bapak Muh. Mufassir menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membudidayakan tanaman buah di masyarakat khususnya masyarakat RTM (Rumah Tangga Miskin) sebagai salah satu komuditas penghasilan tambahan guna meningkatkan kesejahteraan dan pengurangan angka kemiakinan di wilayah Pajangan. Kegiatan ini dilaksanakan juga di Desa Sendangsari maupun Desa Triwidadi si Wilayah Kec. Pajangan.

Teknis penyuluhan penanaman tanaman buah disampaikan oleh Bpk. Muh. Aris Kusnanto, S. Hut, M.P dari BPP Pajangan yang menyampaikan tentang kultur tanah yang cocok dengan tanaman buah di wilayah Kec. Pajangan, cara budidaya tanaman buah yang baik dan perawatannya serta pemberantasan hama pengganggu.

Acara penyuluhan ini berakhir pada jam 22.30 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger