RAKOR PERSIAPAN OPERASI LILIN PROGO 2014 MUSPIDA KAB. BANTUL

Rabu, 24 Desember 20140 komentar



Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK memimpin rapat koordinasi persiapan Operasi Lilin Progo 2014 di gedung induk Parasamya komplek Kabupaten Bantul, Kamis, 18 Desember 2014 pukul 08.00 Wib. Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk menyelaraskan pola pengamanan dan mengali informasi dan masukan tentang kesiapan sarana angkutan, prasarana atau infrastruktur dan situasi kamtibmas menjelang perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Acara Rakor dibuka oleh Bupati Bantul, Hj. Sri Suryawidati dan dihadiri oleh Dandim 0729 Bantul, Letkol (Kav) Tumadi, S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Siti Aisyah, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Bantul, Agus Rumekso, SH, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Bantul,  Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, PLN, PMI, Dinas Pariwisata, Banser, Senkom, Orari, Pramuka, DPU, Pemadam Kebakaran dan lain lainya.

Selanjutnya Kapolres Bantul dalam paparanya menyampaikan bahwa untuk menghadapi perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, Polres Bantul akan melaksanakan operasi kepolisian terpusat “Operasi Lilin Progo 2014”.

Operasi ini bersifat terbuka dengan mengedepankan giat preemtif, preventif, Gakkum didukung deteksi dini/ lidik yang dibantu instansi terkait lainnya dan mitra kamtibmas lainnya dalam rangka memelihara keamanan guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif khususnya dalam rangka perayaan natal 2014 dan Tahun Baru 2015 baik di gereja dan tempat lain yang digunakan untuk ibadah serta tempat wisata/ rekreasi, dan tempat-tempat vital lainnya.

Pelaksaan Operasi ini akan dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari, guna menjamin keamanan dan ketenteraman seluruh masyarakat yang yang merayakan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 dengan tertib dan aman.

Sasaran operasi adalah mengamankan warga masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru, Gereja, pusat perbelanjaan, pemukiman penduduk, jalur utama, terminal bus, tempat rekreasi dan tempat perayaan lainnya.

Cara bertindak yaitu mengadakan kegiatan intelijen, melaksanakan kegiatan pencegahan meliputi penjagaan, pengaturan pengawalan dan patroli, melaksanakan kegiatan Binluh kepada masyarakat untuk mencegah gangguan kamtibmas, melakukan penindakan hukum terhadap setiap pelaku tindak pidana yang mengganggu perayaan Natal dan tahun baru sesuai ketentuan yang berlaku, melaksanakan bantuan medis dan kesehatan kepada para korban akibat laka lantas dan bencana alam, menyiapkan pos-pos pengamanan di tempat ibadah, lokasi keramaian dan tempat wisata dan lainya.

Adapun pos pos pengamanan yang didirikan adalah Pos Gereja Ganjuran, Pos pengamanan Parangtritis, Pos pengamanan Soragan dan Pos pengamanan Gabusan.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0729 Bantul akan menerjunkan 1 SSK pasukanya untuk membantu giat Opersi Lilin Progo 2014. Sedangkan dari Dinas Kesehatan akan menyiagakan seluruh Puskesmas dan ambulan bila sewaktu waktu dibutuhkan serta akan menempatkan tim medisnya di Pos pengamanan. Pelaksanaan tersebut yang akan dimulai tanggal 23 Desember 2014 hingga selesai.

Selanjutnya dari Sat Pol PP Kabupaten Bantul juga akan menurunkan anggotanya untuk membantu giat Operasi Lilin Progo 2014. Dari Dishub Kabupaten Bantul juga akan menyiapkan armada bus untuk pelayanan bagi masyarakat yang tidak mendapatkan transportasi dihari perayaan natal dan tahun baru nanti secara gratis. Kegiatan rakor berakhir dalam keadaan aman dan tertib.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger