ANGGOTA POLSEK SRANDAKAN DAMPINGI KEGIATAN PSN

Jumat, 30 Januari 20150 komentar



Kamis, 29 Januari 2015 pukul 08.00 Wib bertempat di dusun Krajan Desa Poncosari Srandakan Bantul telah dilaksanakan kegiatan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ).

Pelaksana kegiatan tersebut adalah dari Tim Kecamatan Srandakan yang terdiri dari Personil Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas, Pamong desa Poncosari, Kepala Dusun dan kader PKK.

Kegiatan ini dilaksanakan mengingat pada musim penghujan sangat rentan terjadinya penyebaran penyakit Deman berdarah yang sumbernya dari gigitan Nyamuk.

Pelaksanaan PSN dibagi menjadi 4 kelompok yaitu di Desa Trimurti Srandakan bertempat di Dusun Gunungsaren dan Dusun Srandakan, sedang Desa Poncosari Srandakan bertempat di Dusun Krajan dan Dusun Bibis.

Menurut salah satu petugas dari Puskesmas Srandakan mengatakan giat pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini hendaknya jangan sampai terbatas pada kegiatan seremonial. Akan tetapi harus ditindaklanjuti setiap saat, terutama oleh oleh masing-masing pemilik rumah yang bersangkutan. Sedangkan pihak-pihak terkait yang tentunya melibatkan kader PSN di setiap dusun, hendaknya tidak henti-hentinya mendampingi kegiatan PSN di masing-masing dusunnya. Sehingga angka perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD terus dapat ditekan.

Menurut petugas dilapangan, Cara yang paling mudah namun efektif dalam mencegah penyakit DBD adalah dengan dengan istilah 3M plus yaitu dengan menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi dan tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali serta menimbun sampah-sampah yang berpotensi sebagai tempat perkembangan jentik-jentik nyamuk. Selain itu juga dapat dilakukan dengan melakukan  tindakan plus seperti memelihara ikan pemakan jentik-jentik nyamuk, menyemprot dengan insektisida, menggunakan repellent, memesang obat nyamuk, memeriksa jentik nyamuk secara berkala serta tindakan lain yang sesuai dengan kondisi setempat. (Sihumas Srandakan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger