ANTISIPASI KEJAHATAN JALANAN, KAPOLSEK BANTUL PERINTAHKAN ANGGOTANYA PATROLI MALAM MINGGU

Senin, 26 Januari 20151komentar



Senin 26 Januari 2015 jam 08.00 Wib, seluruh anggota Polsek Bantul melaksanakan apel besar bulanan yang dipimpin langsung kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH. Dalam apel pagi tersebut, Kapolsek Bantul menyampaikan arahan dari Kapolda DIY dan Waka Polda DIY dalam rakor pimpinan di Polda DIY beberapa waktu lalu. Selain itu Kapolsek juga menyampaikan kebijakan-kebijakan baru menyangkut pemeliharaan keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Bantul.

Dalam arahannya Kapolsek menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi eskalasi kerawanan kamtibmas di wilayah DIY, Kapolda DIY memerintahkan jajarannya, khususnya unit Sabhara untuk meningkatkan giat patroli di wilayah masing-masing.

Menindaklanjuti perintah pimpinan terkait peningkatan intensitas patroli, Kapolsek Bantul memerintahkan anggotanya agar dalam melaksanakan patroli tidak hanya dengan berputar-putar, akan tetapi anggota diharapkan turun menemui masyarakat untuk dialogis.

“ Kehadiran mobil patroli dari kepolisian di tengah-tengah masyarakat, dengan rotator menyala, kemudian petugas turun dan melakukan komunikasi dengan masyarakat menanyakan apa yang menjadi keluhan dari masyarakat, saya yakin hal ini akan membawa dampak positif terhadap upaya pencegahan tindak kejahatan,” ujar Kapolsek Bantul.

Untuk mengantisispasi keberadaan geng motor dan kejahatan jalanan diwilayahnya, Kompol Fajar Pamuji, SH juga mengeluarkan kebijakan agar anggota melaksanakan program patroli wilayah setiap malam Minggu.  Kegaiatan patroli ini akan melibatkan seluruh personel Polsek Bantul.

“ Diharapkan dengan pelaksanakaan patroli setiap malam minggu, tindak kejahatan jalanan seperti penjambretan dan tindak kejahatan lain tidak akan terjadi di wilayah kita,” timpal Kapolsek Bantul.

Kapolsek Bantul juga mengingatkan anggotanya agar dapat mengikuti dan mengimbangi setiap peningkatan modus kejahatan yang akhir-akhir dinilainya mengalami peningkatan.

“ Sebagai anggota Polri, kita harus selalu belajar mengembangkan ilmu pengetahuan kita menyangkut IT, agar kita tidak kalah canggih dengan pelaku tindak kejahatan,” tambah Kapolsek Bantul.

Untuk menghindari terjadinya pelanggaran oleh anggota di lapangan, Kapolsek Bantul mengingatkan anggotanya agar bertindak sesuai dengan SOP yang berlaku.

“ Pimpinan memerintahkan kita untuk mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan mengoptimalkan fungsi Sabhara dan Bhabinkamtibmas di lapangan,” terang Kapolsek Bantul.

Menurut Kapolsek, Polri dalam melakukan tindakan pre-emtif dan preventif berawal dari adanya kondisi sosial dalam masyarakat yang menyimpan potensi konflik, namun belum muncul dalam bentuk konflik terbuka.

Diakhir arahannya, Kapolsek Bantul mengajak kepada selurruh anggotanya untuk senantiasa mentaati aturan dan menjauhi pelanggaran yang bisa mencoreng nama institusi Polri.

“ Tidak usah berbuat aneh-aneh, jauhi maksiat. Godaan bisa datang kepada siapa saja dan datang dari mana saja. Untuk menangkalnya kita harus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Kapolsek Bantul. (Sihumas Bantul)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger