HUT YAYASAN ALMA ATTA KE XIV

Senin, 05 Januari 20150 komentar



Sabtu, 03 Januari 2015 pukul 09.50 Wib bertempat di Perguruan Tinggi Alma Ata Yogyakarta Jl. Ringroad Barat Tamantirto Kasihan Bantul telah dilaksanakan Orasi Ilmiah oleh Menteri Ristek dan Dikti Republik Indonesia Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt. Ph.D.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw,  Hari Ulang Tahun Yayasan ke XIV Alma Ata dan Haul ke IX KH. Abdulloh Masduqi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Ristek dan Dikti Republik Indonesia Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt. Ph.D, KH. Hasyim Muzadi, Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno, PRS, Anggota Komisi VII DPR RI H. Agus Sulistyo, Anggota DPRD Yogyakarta Agus Subagyo, Perwakilan Pemerintah Kutai Kartanegara diiwakili Kabid Kerjasama dan Pendidikan, Rektor Alma Ata Yogyakarta Prof. dr. H. Hamam Hadi, MS. Sc.D, Perwakilan Koordinator Kopertis Wilayah V dan tamu undangan 800 terdiri Pimpinan Perguruan Tinggi se Yogyakarta, Pimpinan Ponpes dan Pengurus NU serta Civitas Akademika Alma Ata.

Rektor Alma Ata Yogyakarta Prof. dr. H. Hamam Hadi, MS. Sc.D dalam sambutanya menyampaikan hari ini merupakan hari lahir Alma Ata yang bersamaan dengan hari lahir Nabi Muhammad Saw dengan maksud menginginkan agar penerus Rasulullah diemban oleh generasi muda yang tumbuh melalui pendidikan Alma Ata dan mohon doa restu semoga menjadi Universitas yang diridloi Allah SWT

Alma Ata telah mempunyai 123 MOU dengan berbagai instansi dan pada hari ini akan menandatangani 2 MOU lagi dengan Pemerintan Kab. Bantul dan Kab. Kutai Kartanegara.

MOU dengan Pemerintah Kab. Bantul berupa desain kerjasama menurunkan angka kematian ibu dan anak melalui sistem surveilance tripartice dengan John Hopkin Univesity sedangkan MOU dengan Pemerintah Kutai Kartanegara berupa pendidikan tenaga kesehatan untuk Kab. Kutai.

Wakil Bupati Bantul Drs. H. SUMARNO, PRS dalam sambutanya mengajak bersama sama membangun Indonesia yang lebih baik dan pada tahun ini telah dibuka kran perdagangan bebas untuk wilayah ASEAN berupa dagang dan jasa termasuk jasa kesehatan dan berharap Alma Ata turut serta dalam membangun bangsa dalam hal kesehatan.
Acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Menteri Ristek dan Dikti Republik Indonesia Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt. Ph.D dengan tema "Arah Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Tinggi Berbasis Kualitas Bangsa Indonesia menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang intinya :

Kebijakan pendidikan Indonesia yang akan menyongsong MEA dan seharusnya akan dimulai 1 April 2015 namun telah disepakati bersama lagi akan berlaku pertanggal 31 Desember 2015 karena pasar bebas menyangkut jasa (kesehatan) dan pendidikan serta mensepakati misi dalam menghadapi MEA menyamakan 1 vision, 1 identity dan 1 Community.

Peratuan Presiden 8 Th 2012 tentang KKNI dan UU No. 12 Th 2012 tentang Pendidikan Tinggi namun Pemerintah tidak akan pembedaan pelayanan bagi pendidikan tinggi negeri maupun swasta serta mewujudkan kompetensi menjadi tuntutan utama.

Akan merubah peraturan Pemerintah tentang pengelolaan dana bagi perguruan tinggi dengan cara pengelolaan sendiri dana yang berasal dari Pemerintah tersebut oleh masing masing perguruan tinggi.

Pengaturan terhadap kualifikasi yang sama melalui pendidikan di Kampus yang kemudian akan dipertimbangkan untuk dunia usaha.

Menjadi inisiator ASEAN international mobility for student yaitu pengakuan terhadap kelulusan perguruan tinggi dari Indonesia dan mengatasi penjualan ijazah palsu yang berdampak pada ketidakpercayaan Negara lain terhadap kualitas pendidikan Indonesia.

Yayasan dan Lembaga Pendidikan harus berjalan dengan baik, jangan sampai ada permasalahan konflik kepentingan antara Yayasan dan Lembaga Pendidikan karena apabila terjadi konflik yang menyebabkan lembaga pendidikan tersebut tutup kemudian buka lagi dengan nama yang lain maka kementerian akan menutup ijin lembaga tersebut secara permanen.

Kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran simbol baru Alma Ata oleh Rektor Alma Ata dan Muidhoh Hasanah oleh KH. Hasyim Muzadi yang menyampikan tema tentang "Makna Maulid Nabi MUHAMMAD SAW" kemudian dilanjutkan Penandatanganan Prasasti Alma Ata Medical Center oleh Menteri Ristek dan Dikti RI dan Rektor Alma Ata Yogyakarta serta Penandatanganan MOU antara Rektor Alma Ata dengan Wakil Bupati Bantul dan Perwakilan Pemerintah Kutai Kartanegara.

Selama kegiatan berlangsung personl Polsek Kasihan mengadakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaana aman tertib. (Sihumas Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger