PENERTIBAN DAN PENUTUPAN TAMBAK UDANG DI WILAYAH SRANDAKAN

Senin, 05 Januari 20150 komentar



Petugas gabungan TNI, Polri dan Sat Pol Pp dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bantul Kompol Mohamad Qori Oktohandoko, SIK melakukan penertipan dan penutupan tambak udang di wilayah Srandakan Bantul yang melanggar sempadan jalur jalan lintas selatan (JJLS) dengan cara memasang patok dan juga pollice line, Senin siang, 5 Januari 2015.

Penertiban dimulai dari wilayah Ngentak Poncosari Srandakan hingga Kuwaru Poncosari Srandakan.  Petak tambak yang dinilai menyalahi aturan berjumlah 31 petak di Kuwaru serta 6 petak di Ngentak Srandakan Bantul.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Bantul, Sunarto mengungkapkan, meskipun sekitar 31 tambak udang ditutup, tetapi Pemkab masih memberi kelonggaran hingga panen. Menurutnya, masih ada beberapa petambak yang akan panen satu pekan lagi.

"Dari garis tengah JJLS sepanjang 27 meter ke kiri dan kanan harus bebas dari tambak. Kita toleransi ada yang lima hari, ada yang seminggu," papar Sunarto.

Sunarto optimis penutupan ini akan berjalan lancar. Pasalnya, para pemilik tambak sudah sepakat dengan penutupan itu dan sudah membubuhkan tanda tangan pada pertemuan hari Jumat 2 Januari 2015.

Adapun penutupan hari ini dilakukan dengan pengukuran serta pemasangan patok dan police line. Pemilik tambak udang yang sudah diberhentikan operasinya kemudian diminta untuk membuat surat pernyataan.

Dalam penutupan tersebut sempat terjadi dialog antara Pol PP Bantul dengan para petambak udang. Para petambak udang menuntut agar Pol PP juga menyuruh PT Indokor untuk menandatangani surat pernyataan bersedia menghentikan usahanya. Petambak juga meminta kepada Pemkab untuk menutup tambak milik PT Indokor meskipun sudah berizin, karena juga menyalahi aturan. Petambak mengancam akan melakukan aksi penutupan terhadap PT Indokor jika tetap beraktivitas.

Penertiban dan penutupan tambak udang di wilayah Srandakan selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Srandakan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger