KAPOLSEK PAJANGAN HADIRI MUSRENBANGDES DESA TRIWIDADI

Jumat, 09 Januari 20150 komentar




Kapolsek Pajangan AKP Riwanta bersama Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng dan Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman menghadiri Musrenbangdes Desa Triwidadi Tahun 2015 bertempat di Balai Desa Triwidadi Kec. Pajangan Kab. Bantul, Kamis 8 Januari 2015 jam 11.000 Wib

Hadir alam acara tersebut Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kasiekbang Kec. Pajangan Budi Suryono, S.Sos, Bpk. Agus Ahmadi dari Kantor PMD Kab. Bantul, Disperindagop Kab. Bantul Ibu Muji Rahayu, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul Bpk. Wahadi STP. Selain itu acara dihadiri oleh 22 Kepala Dukuh se Desa Triwidadi, Pamong Desa Triwidadi, Kepala BPD Desa Triwidadi Bpk. Slamet, Ketua LPMD Desa Triwidadi Bpk. Drs. Sukamtri, Pokgiat LPMD Desa Triwidadi dan PKK Desa Triwidadi, peserta sejumlah 40 orang.

Lurah Desa Triwidadi Bpk. Slamet Riyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan program pembangunan Desa Triwidadi Tahun 2015 dan perencanaan Tahun 2016.

Pelaksanaan Musrenbang Desa Triwidadi dilaksanakan sesuai jadwal yang diberikan oleh Pemda Kab. Bantul yaitu tanggal 8 Januari 2015 ini. Perencanaan pembangunan terutama infrastruktur jalan Kabupaten di Desa Triwidadi perlu diadakan pemeliharaan karena sudah mengalami banyak kerusakan dan ditambah adanya lampu penerangan jalan.

Pendidikan untuk masyrakat Desa Triwidadi, terdapat anak sekolah yang putus sekolah untuk itu perlu dibangun kesadaran pendidikan dan layanan pendidikan di masyrakat Desa Triwidadi.

Permasalah kesehatan terutama MCKnya perlu dilakukan pembangunan  selain itu warga Triwidadi perlu ditingkatkan kesadarannya mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Desa Triwidadi juga berusaha untuk mengadakan ambulan Desa Triwidadi.

Pelatihan di Kader PKK untuk memberikan pemahaman kesehatan kepada masyarakat Desa Triwidadi. Kita harus mengantisipasi pergaulan bebas yang bisa menyebabkan pernikahan dini.

Permasalahan kemiskinan cukup sulit untuk dihindari namun Pemerintah Desa Triwidadi berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan di Desa Triwidadi dengan melakukan berbagai terobosan dan program-program pembangunannya.

Di dalam pariwisata pihaknya telah berupaya untuk mengembangkan pariwisata dan industri pariwisata di Desanya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Triwidadi. Diharapkan petani di Desa Triwidadi mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Ia berencana akan mengoptimalkan pemanfaatan pasar Sudimoro di Desa Triwidadi sebagai sara perdagangan di Desanya. Mengenai kriminalitas bapak ibu bisa berkoordinasi dengan Desa dan Polsek Pajangan sehingga dapat dilakukan penanggulangan dan pencegahannya sehingga Desa Triwidadi tercipta situasi kamtibmas yang tertib, aman dan kondusif. Terakhir Ia mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dalam menyukseskan penyusunan Musrenbang Desa Triwidadi tahun 2015

Camat Pajangan dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya bahwa Desa Triwidadi telah memiliki RPJMDES (Rencana pembangunan jangka menengah Desa) yang merupakan satu persyaratan menyusun RKA dan RKPD sesuai dengan Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa. RPJMDES tersebut disusun oleh Lurah terpilih bersama LPMD dan BPD serta seluruh warga masyarakat Triwidadi. Segi postifnya dengan adanya tersebut segala kegiatan dilakukan dengan perencanaan. Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, struktur organisasinya Lurah dibantu oleh sekretariat dan oleh Pak Dukuh sebagai pelaksana teknis wilayah. Dengan adanya aturan aturan tersebut kita harus mencermati bersama untuk itu perlu koordinasi dan komunikasi di internal Desa dan juga komunikasi dengan pihak Kecamatan dan Pemkab Bantul.

Ia mnegharapkan tugas pokok dan fungsi komponen di Desa dilaksanakan sesuai yang telah digariskan, sehingga roda itu berjalan dengan semestinya dan lebih profesional.

Kemudian acara dilanjutkan dengan musyawarah untuk menyusun usulan-usulan Musrenbangdes Desa Triwidadi tahun 2015 dan perencanaan tahun 2016. Hingga selesainya acara Musrenbangdes Desa Triwidadi situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger