PEMBENTUKAN PROGRAM PKS SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Rabu, 21 Januari 20151komentar



Banyaknya permasalahan yang muncul di dunia pendidikan, mulai dari pencurian, perkelahian dan tawuran antar pelajar maupun berbagai kasus terutama dalam hal lalu lintas memaksa manajemen SMK Muhammadiyah 1 Bantul untuk terus berupaya meningkatkan kedisiplinan siswanya. Oleh karenanya pada hari Kamis 08 Januari 2014 SMK Muhammadiyah 1 Bantul menggelar kegiatan apel pagi yang menghadirkan Kanit Dikyasa Polres Bantul Ipda Firdaus Canggih Pamungkas, SIK beserta anggotanya sebagai pemateri atau pembina apel.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pula pembentukan program kegiatan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) serta penyerahan perlengkapan pendukungnya yang dilaksanakan langsung oleh Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bantul Ipda Firdaus Canggih Pamungkas, SIK.

Dalam sambutanya, Kanit Dikyasa turut berpesan untuk bersama-sama mendukung program pemerintah tentang keamanan lingkungan dan keselamatan berkendara yakni dengan membantu pengamanan dan memberi tauladan kedisiplinan kepada warga sekolah lainnya. “Lebih dari separuh pengguna jalan adalah pelajar, oleh karenanya jangan sampai masa depan maupun cita-cita kalian pupus karena hal sepele yang berakibat pada kecelakaan lalulintas.Tugas kalian adalah belajar dan terus belajar, jadi jangan sekali-kali terlibat kegiatan-kegiatan negatif seperti geng motor yang meresahkan masyarakat. Kalian harus aktif mensukseskan program baru sekolah ini” pesanya.

Adapun ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah salah satunya yakni sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan tugas lainnya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota PKS wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan serta dapat mengatur lalu lintas dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.Terutama pada saat menyebrangkan siswa-siswi yang akan menuju kesekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Patroli Keamanan Sekolah juga dapat bertugas ditempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah, seperti pada saat kegiatan Porseni, menyambut perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya. Walaupun anggota PKS hanya ditugaskan khusus untuk sekolahnya, salah seorang personel yang mendampingi Ipda Firdaus menambahkan bahwa mereka juga diperbolehkan melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyebrangkan siswa-siswi dari sekolah lain, orang lanjut usia atau siapa saja yang ada di tempat itu dan memerlukan pertolongan, bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada dijalan.

Sementara itu saat dihubungi terpisah Kepala SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Widada, S.Pd mengungkapkan program Patroli Keamanan Sekolah ini sebenarnya sudah sejak lama dicanangkan. Akan tetapi baru bisa terealisasi di awal tahun 2015 dengan pembinanya melibatkan pihak kepolisian yakni Polres Bantul. Beliau menambahkan dengan adanya PKS diharapkan dapat semakin menambah ketertiban dan kedisiplinan siswa maupun warga sekolah lainnya terutama dalam hal berlalulintas.

Salah satu siswa yang ditunjuk sebagai anggota PKS Alan Daru Wicaksana saat ditemui usai penyerahan perlengkapan pendukung, dirinya mengaku sangat senang dengan adanya program PKS ini. Terlebih cita-citanya yang ingin menjadi seorang polisi semakin memantapkannya untuk lebih serius mendalami hal-hal tentang kepolisian ini. Siswa yang kesehariannya merupakan Ketua IPM (OSIS Sekolah Muhammadiyah) SMK Muhammadiyah 1 Bantul ini kedepannya juga siap untuk terlibat aktif dalam Patroli Keamanan Sekolah serta melakukan regenerasi bagi adik-adik kelasnya.

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger