PENGAMANAN PENGAJIAN AKBAR DI POSPES TALIMUL QURAN SEGEROYOSO PLERET

Jumat, 30 Januari 20150 komentar



Kamis, 29 Januari 2015 mulai pukul 20.00 Wib bertempat di Ponpes Ta'limul Qur'an dusun Segoroyoso II Rt. 01 Segoyoso Pleret Bantul telah berlangsung Pengajian Akbar dalam rangka Tasyakuran Khotmil Qur'an serta Haul Al Maghfurlah KH. Kholid Harun ke-24 dan Nyai Sutinah ke-28 bersama Al Habib Umar Bin Ahmad Ali Al Bafaqih dari Sukaraja Purwokerto.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolsek Pleret AKP Budi Kustabto, Lurah Segoroyoso Bpk. Miyadiana, Pengasuh Ponpes Ta'limul Qur'an KH. Mustaqim, Alim ulama, Tomas dan toga, Para wali santri, serta sekitar 500 jamaah.

Kegiatan diawali dengan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh Pengasuh Ponpes An Nur Ngrukem KH. Yasin Nawawi, dilanjutkan sambutan Ketua Panitia H. Arwan Widodo, SH yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan atas nama panitia mengucapkan selamat datang kepada para jamaah di Ponpes Ta'limul Qur'an semoga perjalanan mulai dari rumah sampai dengan sepulangnya nanti terhitung sebagai amal sholeh, serta atas keikhlasan hati para jamaah dalam menghadiri acara semoga mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT, dan akhirnya diucapkan selamat mengikuti pengajian dengan harapan semoga kita mendapatkan keselamatan baik di dunia maupun akherat.

Perwakilan wali santri KH. Hasan Ashari menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya karena pengasuh ponpes KH. Mustaqim telah bersedia mendidik anak-anak kami belajar agama di ponpes ini, bahwa semua ilmu yang diberikan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan barokah. Apa yang telah diberikan tidak bisa kami balas, namun kami hanya bisa berdoa semoga kebaikan dan umur pajang yang barokah selalu beserta pengasuh ponpes sehingga mampu terus memajukan para santri menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Sebagai orangtua kita jangan berpuas diri sampai disini dalam mendidik anak ilmu agama sehingga dapat amal jariyah kita apabila sewaktu kita dipanggil Allah.

Pengasuh Ponpes KH. Darman Masduki menyampaikan atas nama pengasuh ponpes mengucapkan selamat datang kepada para jamaah yang hadir, semoga amal ibadah diterima oleh Allah. Selaku wakil pengasuh ponpes menyampaikan permohonan maaf kepada para wali santri karena hanya sebatas ini kemampuan kami dalam membentuk dan mendidik anak yang diamanatkan kepada kami, dan kami hanya bisa berdoa semoga para santri diberi ilmu yang manfaat serta menjadi anak yang sholeh/sholehah. Kami memohon kepada para jamaah untuk mendoakan KH. Mustaqin agar selalu diberi kesehatan dalam mengembangkan ponpes sehingga dapat terus mendampingi para santri dalam belajar ilmu Al Quran.

Dalam tausiahnya Al Habib Umar Bin Ahmad Ali Al Bafaqih menyampaikan bahwa haul adalah salah satu acara yang dapat dimaknai dengan bahasa apa saja dan pasti bersifat baik dengan tujuan mengenang sosok manusia mulia, dan karena kemuliaan itu dalam awal acara selalu diisi dengan kegiatan baik seperti baca alquran.

Haul bersifat mubah, namun apabila ada bacaan kalimah toyibah maka menjadi sunah. Haul membawa misi pribadi manusia serta pangkat dihadapan Allah, dan orang yang di hauli adalah orang yang punya gelar Musholkhin.

Ada yang bilang bahwa doa kepada orang mati dalam tahlil tidak akan sampai kepada yang dikirim, namun kita tidak perlu menghiraukan perkataan tersebut karena tahlil ada dalilnya dan tahlil ibaratnya surat menyurat, apabila nama dan alamat yang dikirim jelas maka akan sampai.

Dzikir kepada Allah mempunyai beberapa fadhilah/keutamaan antara lain orang yang berdzikir mendoakan orangtua yang sudah meninggal maka menjadikan amal jariyah. dzikir akan menginggatkan akan mati sehingga menjauhkan dari sifat sombog, serta dengan dzikir akan menjadi penerang di alam kubur.

Orangtua yang gagal dalam mendidik anak meski hanya 9 tahun lamanya, namun azab neraka sangat dalam. Oleh karena itu pentingnya mendidik ilmu agama kepada anak agar bisa menjadi sholeh/sholehah sehingga bisa menolong orangtuanya di akherat yaitu mengentaskan dari siksa neraka untuk kemudian diangkat kepada kenikmatan surga.

Anak bisa membawa rahmat bagi orangtua namun juga bisa membawa laknat, yaitu apabila anak dididik dengan ilmu agama Allah secara baik maka dia akan membawa rahmat di akherat kelak, sebaliknya apabila anak tidak dididik dengan ilmu agama Allah maka dia akan menjadi laknat dan akan membawa orangtua ke dalam neraka.

Selama berlangsungnya kegiatan personil polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Pleret)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger