UNIT BINMAS POLSEK KASIHAN LAKSANAKAN PELATIHAN PKS DI SMP MATARAM

Selasa, 20 Januari 20151komentar



Dalam rangka mewujudkan peran serta pelajar dalam terciptanya harkamseltibcarlantas di wilayah Kecamatan Kasihan khususnya dilingkungan sekolah, serta untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalan yang akhir - akhir ini cenderung meningkat, Unit Binmas Polsek KASIHAN melaksanakan kegiatan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SMP Mataram, Ambarbinangun, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Senin, 19 Januari 2015 pukul 09.30 Wib.

Dalam kegiatan pelatihan PKS, Panit Binmas Polsek Kasihan Aiptu Markuat beserta anggotanya memberikan materi pelatihan 12 gerakan pengaturan lalu lintas dan pelatihan baris berbaris (PBB). Kegiatan pelatihan PKS ini dilaksanakan untuk memupuk rasa disiplin bagi siswa melalui gerakan baris berbaris dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam hal gerakan 12 gerakan pengaturan lalu lintas.

Pengaturan lalu lintas adalah sebagai pemberitahuan kepada pemakai jalan, bagaimana dan dimana mereka dapat atau tidak dapat bergerak atau berhenti terutama pada waktu ada kemacetan atau keadaan darurat, dalam arti luas pengaturan lalu lintas meliputi semua aktifitas dari petugas dalam mengatur lalu lintas dijalan umum.

Adapun materi gerakan 12 macam Gatur Lantas yang diberikan kepada para siswa sebagai berikut :

1.   Menghentikan arus dari segala arah
2.   Menghentikan arah tertentu
3.   Menghentikan dari arah depan petugas
4.   Menghentikan dari arah belakang petugas
5.   Menghentikan dari arah depan dan belakang petugas
6.   Jalan dari arah depan petugas
7.   Jalan dari arah belakang petugas
8.   Jalan dari arah depan dan belakang petugas
9.   Perlambat dari arah depan petugas
10. Perlambat dari arah belakang petugas
11. Percepat dari arah depan petugas
12. Percepat dari arah belakang petugas

Para siswa semangat dengan penuh antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Harapan dari Kepala sekolah SMP Mataram agar para siswa yang telah dilatih PKS nantinya mampu melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas untuk membantu rekan - rekannya dalam menyeberang baik berangkat maupun ketika pulang dari sekolah. (Sihumas Kasihan)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger