UNIT DIKYASA MENJADI PEMBINA UPACARA DI SD N 2 SANDEN

Kamis, 22 Januari 20151komentar



Setiap hari Senin setiap minggunya Unit Dikyasa Lantas Polres Bantul secara rutin melaksanakan program pembinaan upacara di sekolah sekolah yang ada di wilayah Bantul. Untuk minggu ini, Senin tanggal 19 Januari 2015 pembinaan upacara dilaksanakan di SDN 2 Sanden.

Kali ini Brigadir Tri Utami ditunjuk oleh Kanit Dikyasa sebagai pembina upacara bendera dan petugas upacaranya dari siswa siswi yang dikuti oleh para guru dan seluruh siswa SDN 2 Sanden.

Kanit Dikyasa Ipda Firdaus Canggih Pamungkas, SIK menjelaskan Sat Lantas Polres Bantul rutin melakukan kegiatan seperti ini setiap hari senin di sekolah sekolah yang ada di wilayah Bantul dengan tujuan mensosialisasikan dan mengenalkan pengetahuan lalu lintas, khususnya rambu-rambu kepada anak usia dini.

Beliau mengatakan, kegiatan pengenalan itu untuk menanamkan pemahaman dan pengetahuan tentang tertib berlalu lintas dan etika berkendara yang baik dan benar kepada anak-anak usia dini sehingga nantinya mereka bisa menjadi pelopor keselamatan lalulintas.

Menurutnya, tugas kepolisian, khususnya Sat Lantas Unit Dikmas memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada pelajar agar kelak nantinya bisa membawa kendaraan dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya dengan baik dan benar.

“Kita dari Satlantas Polres Bantul, khususnya bagian Dikmas Lantas tidak henti-hentinya melaksanakan penyuluhan / pemahaman kepada anak pelajar lewat pembina upacara maupun pada saat penerimaan siswa baru,” kata Kanit Dikyasa.

Pemahaman itu seperti program unggulan Korlantas Polri yakni Tri SIAP yaitu, SIAP Kondisi Pengendara, SIAP Kondisi Kendaraannya, dan SIAP Mematuhi Peraturan Lalu Lintas.

Pertama SIAP Kondisi Kendaraan seperti, komponen pendukung kendaraan harus lengkap jangan ditambahi atau dikurangi dari diler seperti tetap memakai kaca spion, klakson sepeda motor jangan diganti dengan klakson mobil, ban jangan diganti yang kecil, dan dilarang menggunakan knalpot blombongan.

Kedua, SIAP Kondisi Pengendaranya seperti tidak mengenakan pakaian berwarna kontras, sehingga dapat menyilaukan pengendara lainnya di jalan, sarung tangan, jaket, celana, dan mengenakan helm SNI.

“Dan pentingnya lagi pengendara tidak boleh minum-minuman keras, jangan sampai mengantuk saat berkendara dan terakhir pengendara jangan lupa bawa surat-surat kendaraan seperti STNK, SIM, dan KTP,” katanya.

Dan ketiga, SIAP Mematuhi Peraturan Lalu Lintas, bukan sekadar pajangan dan hiasan di jalan raya.

“Kita harus mematuhi rambu-rambu seperti rambu-rambu larangan, peringatan, perintah, dan petunjuk,” katanya. (Unit Dikyasa) 

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger