YOGURT KREASI KOMPOL SINUNG, RAIH JUARA I LOMBA KETAHANAN PANGAN

Kamis, 22 Januari 20151komentar



Yogurt dikenal dengan minuman olahan susu yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat yang terkandung dalam Yogurt memang sudah tak perlu untuk diragukan lagi. 

Melimpahnya manfaat yang ada pada Yogurt, sehingga membuat Yogurt sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Minuman yang satu ini memiliki beberapa khasiat bagi tubuh, diantaranya menjaga sistem pencernaan dalam tubuh, menangkal berbagai macam jenis penyakit seperti alergi, diare, tumor, kulit, dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga banyak orang yang menggemarinya.

Hal inilah yang menjadi awal munculnya ide keratif dari seorang anggota Polwan Polres Bantul, Kompol Sinungwati, SH, menciptakan sebuah kreasi dengan membuat produk dari bahan lokal menjadi suatu olahan minuman yang memiliki citarasa modern yaitu dengan membuat inovasi minuman Yogurt ubi ungu di rumahnya.

Polwan yang saat ini menjabat sebagai Kabag Perencanaan Polres Bantul ini, juga dipercaya menjadi Pembina Kelompok Wanita Tani Krido Wanito di tempat domisilinya, Kadipolo, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Kompol Sinungwati, SH sengaja memproduksi Yogurt dengan bahan dasar ubi ungu karena ubi ungu mudah didapatkan.

Dan dengan Yogurt hasil kreasinya tersebut, Kompol Sinungwati, SH pernah meraih predikat Juara I dalam lomba ketahanan pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sleman beberapa waktu lalu.

“Proses pembuatan Yogurt ubi ungu dimulai dengan mencuci dan memotong-motong ubi ungu. Setelah itu, ubi ungu direbus dan dicampur gula pasir. Kemudian ubi ungu diblender lalu dicampur dengan susu yang telah difermentasi,” jelas Kompol Sinung.

Selain Yogurt ubi ungu, ada juga varian rasa lain  seperti sirsak, leci durian, strawberry, melon, jambu, anggur dan yogurt tanpa rasa,” imbuh Kompol Sinung.

Lebih lanjut Kompol Sinung mengungkapkan, bahwa yogurt hasil olahannya tersebut tidak menggunakan bahan pengawet apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Karena tanpa bahan pengawet, yogurt buatan kami hanya bertahan satu bulan saja,” lanjut Kompol Sinung.

Untuk meningkatkan perekonomian warga disekitar tempat tinggalnya, selain yogurt, beliau juga mengajak ibu-ibu disekitar rumahnya untuk berkreasi bersama mengolah ubi ungu menjadi berbagai macam olahan seperti brownies dan egg roll.   

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger