WAKA POLDA DIY : “ TINGKATKAN PATROLI UNTUK CEGAH KEJAHATAN “

Jumat, 23 Januari 20151komentar



Waka Polda DIY, Kombes Pol Drs. Imam Sugianto M.Si, mengambil apel pagi di Polres Bantul, Jum’at, 23 Januari 2015 pukul 07.30 Wib bertempat di halaman Mapolres Bantul.

Bertindak sebagai Komandan Apel adalah Kabag Ops Polres Bantul, Kompol Muhammad Qori Okto Handoko, SIK. Serta apel diikuti oleh Kapolres Bantul, AKBP Surawan, SIK, Waka Polres Bantul Kompol Andri Siswan Ansyah, SIK, para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek  Jajaran, seluruh personel dan PNS Polri Polres Bantul serta perwakilan dari Polsek Jajaran.

Dalam arahannya, Waka Polda menyampaikan bahwa Pejabat Utama Polda DIY sengaja turun ke kewilyahan-kewilayahan untuk mengambil apel, hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan lagi unsur pimpinan dengan anggota yang bertugas di kewilyahan-kewilayahan. Selain itu, tujuan Pejabat Utama mengambil apel adalah agar anggota dapat mengenal para Pejabat di lingkungan Polda DIY.

Waka Polda meminta kepada seluruh anggota, agar bertugas dengan sebaik-sebaiknya, karena Polri telah memberikan segalanya bagi kita. Waka Polda juga menambahkan bahwa resiko dalam pelaksanakan tugas untuk tidak dihindari, melainkan untuk dihitung, agar kita mampu menemukan formula yang strategis untuk meniadakan atau minimal meminimalisir resiko yang mungkin ditimbulkan dalam pelaksanaan tugas tersebut.

“ Saya sering merasa sedih, kadang kala kita mendapat cibiran dari masyarakat terkait pelaksanaan tugas Kepolisian yang kita laksanakan, padahal kita sudah sepenuh hati melaksanakan tugas, akan tetapi hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi masyarakat, melahirkan rasa ketidakpuasan,” tutur Waka Polda DIY, yang juga pernah menjabat Ajudan Presiden diera Pemerintahan Presiden SBY.

“ 25 tahun saya telah menjadi anggota Polri, dan saya merasakan adanya perubahan kearah yang lebih baik, kendatipun perubahan tersebut secara gradual,” tambah Waka Polda.

Menurut Waka Polda, komplain tertinggi  dari masyarakat menyangkut pelayanan Polri adalah pelayananan yang dilakukan Fungsi Reskrim dan pelayanan yang dilakukan Fungsi Lalu Lintas. Menurutnya, hal ini jelas membutuhkan adanya evaluasi untuk memperbaiki kinerja kita.

“ Dalam melaksanakan tugas, hendaknya kita ndelok jithoke dhewe (melihat tengkuk sendiri), yang artinya sering-seringlah introspeksi diri. Atau paling tidak kita meminta pendapat teman dekat yang sudah dipercaya, tanyakan apakah apa yang telah kita kerjakan sudah benar?,” terang Waka Polda DIY, yang juga pernah menjabat Kapolresta Surabaya Timur ini.

“ Apabila hati kita melihat sesuatu sebagai kesalahan, padahal itu merupakan suatu kebenaran, maka dapat dipastikan bahwa hati kita telah dibalut dengan kealpaan atau keburukan. Merenunglah! Dengan sisa usia kita, apakah kita akan menggunakannya untuk melaksanakan tugas sebagai anggota Polri dengan sebaik-baiknya atau kita akan menyimpang?,” tandas Waka Polda DIY.

Selain itu, dalam arahannya Waka Polda DIY juga meminta agar para Kapolsek Jajaran meningkatkan patroli untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

“ Masayarakat kalau melihat ada mobil patroli, dengan rotator menyala, stasioner, kemudian petugas turun dan melakukan komunikasi dengan masyarakat menanyakan apa yang menjadi keluhan dari masyarakat, saya yakin hal ini akan membawa effect different terhadap pencegahan tindak kejahatan,” papar Waka Polda DIY.

Diakhir arahannya, Waka Polda DIY berpesan bahwa apa yang beliau sampaikan adalah demi perbaikan dan peningkatan kualitas kinerja kita dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“ Dalam melaksanakan tugas, jangan lupa untuk senantiasa melakukan introspeksi diri. Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, maka Polri akan lebih dicintai masyarakat,’ tutup Waka Polda DIY.

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger