AKSI SOLIDARITAS DUKUNGAN MORIL KEPADA KADUS KUDEN DI POLRES BANTUL

Rabu, 28 Januari 20151komentar



Rabu, 28 Januari 2015 pukul 09.30 Wib, Ratusan warga Kuden Sitimulyo Piyungan Bantul mendatangi Polres Bantul untuk melakukan aksi solidaritas dukungan moril dan meminta kejelasan terkait dengan panggilan ke II dukuh Kuden Sitimulyo Piyungan Sdr. Iswahyudi sebagai tersangka penyaluran Raskin periode Juni 2012. Sebagai korlap dalam aksi solidaritas ini adalah haji H.Taufik.

Kedatangan mereka di Mapolres Bantul langsung diambut oleh Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK didampingi oleh Wakapolres Bantul, Kabag Ops, Kasat Reskrim , Kasat intel dan perwira lainya.

Di Mapolres Bantul mereka menyampaikan orasi, melakukan tanya jawab kepada Kapolres dan berdoa bersama. Dalam orasinya mereka menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Warga Kuden Sitimulyo Piyungan Bantul, yang sesungguhnya adalah agamis, cinta damai hidup daiam ketentraman, suka gotong royong dan selau berpikir untuk kebaikan dan masa depan Kampung dan generasi penerusnya.

2. Kami sudah menerima dan merasakan kehadiran dan manfaat dalam banyak hal atas terpilihnya Dukuh Iswahyudi secara demokratis sejak pasca pemilu Dukuh tahun 2008

3. Adapun dengan masih adanya sejumlah warga yang menolak diajak gotong royong, kerja bhakti, ronda dan kegiatan untuk kebaikan dusun, kami Menyatakan keprihatinanya.

4. Kami yakin sebagian warga yang kecewa dengan hasil pemilihan dukuh yang kalah saat itu, selalu berusaha melemahkan kegiatan kebaikan di dusun, diantaranya dengan mancari cari cari celah hukum untuk menurunkan dukuh Iswahyudi, diantaranya melaporkan tuduhan korupsi raskin kepada Polres Bantul. Kami sangat berkeyakinan, laporan itu salah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kami menolak Dukuh Iswahyudi dituduh korupsi raskin. Beras dibagi kepada masvarakat miskin yang berhak dan sesuai kesepakatan rapat dusun dan tim pembagi Raskin serta kearifan lokal.

5. Kami menolak pelaporan oknum yang mengatasnamakan warga Kuden atas korupsi Raskin dan tuduhan itu adalah Fitnah.

6. Kami akan selalu mengingatkan siapapun yang melakukan kesalahan dikampung kami dengan sabar dan atas dasar kebenaran.

7. Kami mendukung Kapolres Bantul yang telah pernah berjanji di hadapan warga Kuden untuk menyelesaikan masalah di dusun kuden dengan segera dan sebaik mungkin demi ketentraman dan kebaikan warga Kuden, dan kami menagih janji itu.

8. Kami mendukung Dukuh Iswahyudi untuk menuntut keadilan dalam perlakuan dan hukum, karenanya kami meminta kepada Kapolres Bantul untuk membuat dan menerbitkan SP3 kepada Dukuh Iswahyudi.

9. Kami selalu mengajak masyarakat yang telah menuntut dan menuduh Dukuh Iswahyudi melakukan korupsi Raskin untuk kembali ke jalan yang benar dan lurus serta kompak kembali membangun dusun kami

10. Kami sangat memberikan dukungan kepada Dukuh Iswahyudi, untuk terus melaksnakan kepemimpinannya tetapi selalu ikut memberikan pengawasan dan memberi evauasi. Kami sangat berharap Polri dapat selalu memberikan ketentraman dan kedamaian kepada masyarakat dengan berbagai cara yang bijaksana.

Dalam tanya jawab, kapolres Bantul menjelaskan dengan inti bahwa Polisi memberikan jaminan tidak akan menahan Kadus Kuden sebagai tersangka namun prosedur hukum tetap dijalankan karena adanya Laporan. Kapolres menghimbau dengan adanya permasalahan di Pedukuhan Kunden diharapkan tidak menimbulkan gangguan aktifas dalam bermasyarakat dan tetap menjaga kerukunan, ketertiban antar warga masyarakat.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Kapolres Bantul kemudian aksi diakhiri dengan doa oleh Kaum Rois Pedukuhan Kunden dan massa membubarkan diri kembali ke dusunya dikawal oleh personil Polsek Piyungan seperti halnya ketika waktu datangnya. Pengawalan ini langsung dipimpin oleh Kapolsek Piyungan Kompol Sudarsono dan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Piyungan)


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger