GOWES AKSI PEDULI LINGKUNGAN PENANAMAN 10.000 POHON OLEH KAPOLDA DIY DI SRI PANJUNG DLINGO

Sabtu, 14 Februari 20150 komentar



Kapolda DIY, Brigjen Pol Drs Oerip Soebagyo menanam 10.000 pohon di lokasi Wisata Sri Panjung, Dodokan, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Sabtu pagi, 14 Februari 2015.

Kali ini Kapolda DIY berangkat ke lokasi penanaman 10.000 pohon mengendarai sepeda angin berbaur bersama 150 anggotanya yang terdiri dari pejabat teras Polda DIY, Kapolres Bantul AKBP Surawan SIK, Kapolres Gunungkidul AKBP Hariyanto, SIK,Para Perwira, para Bhabinkamtibmas se Polres Bantul dan para Bintara yang tergabung dalam komunitas Go Wes. Gowes ini dimulai dari Ngoro oro Patuk Gunungkidul ke arah Dlingo Bantul kurang lebih 15 Km dengan melintasi alam pegunungan.

Menurut Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti  bersepeda gunung merupakan kegiatan rutin jajaran Polda DIY.

Dijelaskan, kegiatan rutin ini biasa diikuti dengan pengabdian masyarakat seperti droping air bersih, juga fogging. “Kali ini, bentuk interaksi dengan masyarakat adalah penanaman 10.000 pohon di hutan Lindung Sri Panjung Dlingo dalam rangka aksi peduli lingkungan,” jelas Kabid Humas.
  
“Selain itu, bersepeda gunung juga untuk menyehatkan badan, rekreasi dan peduli lingkungan serta menjalin keakraban komunikasi dengan masyarakat desa”, Imbuhnya.

Sementara itu, sesampainya rombongan Kapolda DIY di lokasi penanaman 10.000 pohon disambut oleh Muspika Dlingo, para Lurah, Para Dukuh, Toga, Tomas, Fron Masyarakat Madani LPPNU, Banser, RPH Dlingo dan segenap masyarakat Dlingo dengan dimeriahkan musik tradisional Gejluk Lesung Mekarsari dan campursari yang dimainkan warga setempat.

Kapolda DIY menyampaikan penanaman 10.000 pohon ini dimaksudkan untuk penghijauan dan mencegah erosi agar tanah hutan di wilayah Sri Panjung tidak gundul serta dapat memperindah lokasi wisata Sri Panjung. Diharapkan warga Dlingo dapat memeliharanya dan menikmati hasilnya.

Selanjutnya Kapolda DIY dikuti pejabat teras Polda, Kapolres Bantul / Gunungkidul, Muspika Dlingo, Banser, RPH, LPPNU, secara simbolis menanam pohon pertanda penanaman 10.000 pohon dimulai. Seterusnya penanaman pohon dilakukan oleh Pemuda dan masyarakat sekitar. Pohon yang ditanam yaitu berupa pohon Durian, Sengon dan pohon keras lainya. Penanaman dilakukan di area wisata Sri Panjung, hutan lindung dan lahan pekarangan warga dengan harapan, ke depan masyarakat dapat ikut merawat serta memetik hasil dari pohon-pohon tersebut.

Sebagai catatan, lokasi wisata Sri Panjung berjarak 15 menit dari pendopo Kecamatan Dlingo, terletak di dusun Dodogan kelurahan Jatimulyo Dlingo Bantul. Sri Panjung letaknya berada diperbatasan wilayah Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul. Dari aliran hulu sungai kemudian bertemu sungai Oya, dan aliran terpecah menjadi tiga mata air terjun, maka terkenal dengan nama Sri Panjung, dua terletak di wilayah Bantul dan satu yang besar terletak di wilayah Gunung Kidul. Semoga dengan diadakan penanaman 10.000 pohon ini, Sri Panjung akan lebih hijau sejuk dan diminati para wisatawan.

Selama kegiatan penanaman 10.000 pohon oleh Kapolda DIY, personil Polsek Dlingo dibantu Polres Bantul mengadakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Dlingo)



Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger