PENGAMANAN PERESMIAN PASAR TRADISIONAL DESA SRIGADING SANDEN OLEH MENTERI KOPERASI DAN UKM

Sabtu, 14 Februari 20150 komentar



Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan Pasar Tradisional Desa Srigading Kecamatan Sanden Bantul, Sabtu 14 Februari 2015 pukul 10.15 Wib.

Selain Pasar Tradisional Desa Srigading, Menteri Koperasi dan UKM yang didampingi istri juga meresmikan Pasar Tradisional Desa Potorono Banguntapan, Pasar Kaki Lima Niten, Koperasi di Kasongan dan Toko Koperasi Sarono Mukti.

Hadir dalam kegiatan peresmian tersebut, Bupati Bantul, Hj. Sri Surya Widati, Deputi Menteti Koperasi dan UKM, Staf Ahli Kementrian Koperasi dan UKM Samuel Watimena, Ketua DPRD Bantul, Dandim 0729 Bantul, Asek II Pemda Bantul Sunarto, Kepala Diperindagkop Bantul Drs. Sulistiyanto, Muspika Kecamatan Sanden, pedagang pasar Srigading dan masyarakat sekitar.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Menteri Koperasi dan UKM beserta rombongan yang telah berkenan hadir untuk meresmikan Pasar Tradisional Desa Srigading dan pasar-pasar lainnya. Secara khusus, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Koperasi dan UKM karena telah merevitalisasi pasar sehingga Pasar Tradisional Desa Srigading dapat di bangun. Bupati mengungkapkan bahwa Pemda Kab. Bantul masih melarang berdirinya supermarket di wilayah Bantul ini. Karena menurutnya dapat mengancam keberadaan pasar-pasar tradisional yang ada.

Setelah memberikan sambutannya, Bupati Bantul menyempatkan diri memberikan cinderamata kepada Menteri Koperasi dan UKM.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam sambutannya mengharapkan, pasar tradisional tetap eksis sehingga mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat."Pasar dan koperasi yang mengelolanya harus memberikan manfaat kepada anggotanya. Pasar-pasar tradisional harus berani mendirikan koperasi sebab koperasi akan besar dan memberikan keuntungan kepada anggotanya melalui Sisa Hasil Usaha," ungkap Menteri.

Menteri Puspayoga pun berjanji akan memberikan kemudian kepada masyarakat dalam mendirikan koperasi terutama untuk badan hukumnya.

Selain itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah akan meluncurkan kartu izin usaha mikro kecil. Tujuannya untuk mempermudah proses pengurus izin dan kepastian usaha bagi pelaku usaha kecil dan mikro. Sebab selama ini masalah izin tersebut dianggap masih menjadi kendala bagi para pelaku UMKM.

“Saya mengharapkan, dengan adanya bantuan revitalisasi pasar tradisional ini, para pedagang dapat menjaganya dengan baik sehingga tujuan mulia Pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya dapat tercapai. Negara kita memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, kita harus pandai-pandai serta bijak dalam memanfaatkannya untuk mencapai swasembada pangan pada tahun 2017 nanti,” tutup Menteri Puspayoga.

Seusai meresmikan, Menteri Puspayo bersama istri kemudian berkeliling pasar tradisional desa yang baru selesai direnovasi tersebut. Beliau juga sempat berdialog dengan para pedagang yang sebagian besar berjualan sayuran, sembako, makanan kecil/jajan pasar dan barang-barang kebutuhan sendiri.

Menteri Puspayoga juga sempat bertanya mulai jam berapa mereka berjualan. Para pedagang menjawab berjualan mulai pukul 06.00 WIB dan akan tutup sebelum pukul 12.00 WIB. Beliau juga sempat mencicipi dawet gula Jawa dan bakpia yang menjadi makanan khas untuk oleh-oleh dari Yogyakarta.

Selama kegiatan peresmian Pasar Tradisional Desa Srigading berlangsung, Polsek Sanden melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut. Selain menempatkan anggotanya di lokasi, Kapolsek Sanden juga menempatkan personelnya di rute-rute yang dilalui oleh rombongan Menteri Sosial. Kegiatan peresmian Pasar Tradisional Desa Srigading berakhir pada pukul 12.00 Wib dan berjalan dengan aman. (Sihumas Sek Sanden)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger