PERESMIAN "SENDANG NGEMBEL" PAJANGAN DAN PROGRAM MP3KI TAHUN 2014

Selasa, 24 Februari 20150 komentar



Minggu, 22 Februari 2015 Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati meresmikan Program MP3KI dan "Sendang Ngembel" yang terletak di Dusun Beji Wetan, Kelurahan Sendangsari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul, pada kesempatan tersebut Bupati Bantul memberikan bantuan uang tunai untuk pengembangan lebih lanjut.

Peresmian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Bantul dan Camat Pajangan yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah, Muspika setempat dan SKPD Kabupaten Bantul, selain itu juga diadakan penanaman Pohon Kalpataru dan Pohon Poling.

Sendang Ngembel merupakan obyek wisata alam dan ritual yang penataan dan pengembangnya dilaksanakan Tahun 2014 melalui Program MP3KI. MP3KI adalah salah satu kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan dalam rangka Pengurangan Kemiskinan.

Dengan adanya wisata alam Sendang Ngembel diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi warga setempat terutama warga miskin sehingga akan dapat meningkatkan taraf hidup.

Peresmian dihadiri oleh Sekda Kab. Bantul Drs. Riyantono, M.Si., Bapeda Kab. Bantul, Jajaran Staf Ahli Kab. Bupati Bantul, Jajaran Kepala SKPD Kab. Bantul, Jajaran Camat Kab. Bantul, Fasilitator MP3KI tingkat Kab. Bantul dan Kec. Pajangan, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil Pajangan Kapten Suyadi, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Kepala Bank BPD DIY KK Pajangan Harmonis Budi Setya, SE, Perwakilan Kepala Rutan Bantul, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Suasnto, ST, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, para perangkat Desa Sendangsari dan Para Kepala Dukuh se Kec. Pajangan, tokoh masyarakat serta warga masyarakat Pajangan sejumlah ± 1.000 orang.

Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati mengatakan Sendang Ngembel merupakan terobosan wisata alternatif. ”Pajangan kaya akan wisata dan juga kaya akan kuliner,” Karena itu, kami harap potensi pariwisata yang belum tersentuh di Ke-camatan Pajangan ini dapat dikembangkan lagi. Pengembangan potensi pariwisata dengan sendirinya akan berdampak pada pengurangan pegangguran. ”Tentunya akan mengentaskan kemiskinan juga,” kata Bupati.

Bupati berpesan para pengelola Sendang Ngembel memerhatikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan. Mereka dipastikan bakal kembali dengan mengajak kerabat atau bahkan teman bila menemukan kenyamanan.

Bupati menegaskkan, pemkab akan membantu pembangunan sarana infrastruktur seperti akses jalan menuju objek pariwisata. Bahkan, pemkab akan memprioritaskan-nya. ”Kalau urusan aspal serahkan kepada pemda,” tegasnya.

Camat Pajangan Dra. Sri Karyatun menyampaikan, Kecamatan Pajangan menjadi Pilot Project Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI). Selain MP3KI, Kecamatan Pajangan juga menerima anggaran dari PNPM Mandiri Pedesaan. Ada sejumlah program yang digagas melalui MP3KI dan PNPM Mandiri Pedesaan ini. Di antaranya pengembangan wisata kuliner di Santan, Guwasari, Pajangan, pembangunan objek pariwisata Sendang Ngembel, pengolahan pangan lokal, konservasi energi dan kesehatan lingkungan, budidaya lahan pekarangan, serta peningkatan produksi padi. ”Dengan melibatkan tiga desa di Pajangan,” jelasnya.

Menurutnya, program-program ini berdampak langsung kepada masyarakat. Bahkan mampu memangkas angka kemiskinan. Tahun lalu, Kecamatan Pajangan mampu memangkas angka kemiskinan sebesar 1 persen. ”Atau sekitar 136 KK. Pada 2013 angka kemiskinan 14,33 persen,” tambahnya.

Untuk memeriahkan acara peresmian Ibu Bupati Bantul dan tamu undangan disuguhkan pentas kesenian tari dari dusun Mangir. Selama berlangsungnya kegiatan personil Polsek Pajangan melakukan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger