BPCB DIY AMANKAN TEMUAN BENDA SEJARAH DI DUSUN GODEKAN KASIHAN

Selasa, 10 Maret 20150 komentar



Jumat, 06 Maret pukul 10.00 Wib, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY mengamankan benda yang diduga cagar budaya berupa “Yoni” yang ditemukan warga di wilayah Godekan Brajan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Hadir dalam penelitian awal ini kepala dusun Brajan Bapak Wiji Wiyono, perwakilan pamong desa Tamantirto dan disaksikan oleh Bhabinkamtibmas Tamantirto Bripka Ari DP SH dan warga sekitar 15 Orang.

“Jadi ini dalam rangka pengamanan, (benda) kami selamatkan ke kantor dan nanti ada rapat tim analisis untuk menentukan nilai pentingnya,” kata Staf Perlindungan BPCB DIY, Antar Nugroho usai mengamankan benda tersebut.

Menurut dia, benda yang ditemukan berupa “yoni” dengan ukuran 76 cm kali 69,5 cm tersebut diduga berasal dari “prasasti yoni” zaman Mataram Hindu, namun pihaknya masih belum dapat memastikan karena masih akan meneliti benda yang ditemukan warga beberapa waktu lalu.

“(Diduga) perwujudan dari dewa siwa, namun biasanya ‘yoni’ ditemukan posisinya lengkap dengan ‘lingga’, namun ini ‘lingga’-nya sudah tidak ada, makanya kami analisis ke kantor dulu,” katanya.

Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya masih memperkirakan bahwa benda diduga cagar budaya tersebut bertransformasi dari tempat lain dan berhenti di sekitar penemuan tersebut, karena lingga yang ada ukurannya tidak cocok dengan ‘yoni’ tersebut.

“Makanya ini perlu penelitian lebih lanjut dan dianalisis, karena kalau hanya sebatas dan sepotong segini kami tidak dapat bercerita lebih banyak lagi karena datanya terbatas, sementara informasinya baru itu,” katanya.

Antar mengatakan, sebelumnya pada sekitar tahun 2008 ditemukan arca atau patung Agastya oleh warga ketika membuat sumur di sekitar penemuan ‘yoni’, dan juga diperkirakan telah bertranformasi dari tempat lain dan berhenti di tempat tersebut.

“Temuan saat itu diperkirakan telah bertransformasi karena terbawa arus atau apa, kemudian berhenti di sini, namun kalau ini (yoni) dari zaman Mataram Hindu,” katanya.

Namun demikian, kata dia, meski telah ditemukan benda diduga cagar budaya tersebut, pihaknya tidak akan melakukan ekskavasi di lokasi penemuan tersebut, karena di sekitar lokasi akan digunakan untuk membangun fasilitas sekolah.

“Kami hanya melakukan penggalian untuk mengecek area steril di bawahnya, cuma itu, karena sudah untuk kepentingan sekolah. Jadi ini dalam rangka penyelamatan pengamanan benda vagar budaya,” katanya. (Sihumas Sek Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger