MUSPIKA PAJANGAN HADIRI PEMBUKAAN RAT KUD TANI KARYA PAJANGAN

Selasa, 31 Maret 20150 komentar



Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Bantul Drs. Sulistiyanto, M.Pd membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Karya Pajangan bertempat di Kantor KUD Tani Karya Dk. Kunden Sendangsari Pajangan, 31 Maret 2015 jam 10.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri Sekcam Pajangan Bambang Yuliono, SE, Ketua KUD Tani Karya Anton Wahana, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil Pajangan Kapten Suyadi, Bahbinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana (anggota KUD Tani Karya Pajangan) dan anggota KUD Tani Karya Pajangan, peserta sejumlah ± 30 orang.

Ketua KUD Tani Karya Anton Wahana dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran tamu undangan dan anggota KUD Tani Karya Pajangan dalam RAT tutup Buku Tahun 2014 ini. KUD Tani Karya Pajangan TA 2012 telah menambah karyawan sebanyak 3 personil petugas lapangan dan operasional 2 orang dengan tujuan untuk membenahi organisasi KUD Tani Karya Pajangan. Tahun Anggaran 2013 (tutup buku 2014) pihak KUD Tani Karya Pajangan mendapat keuntungan Rp. 663.693,00 dari rencana keuntungan Tahun 2013 Rp. 2.400.000,00. Terakhir Ia memohon pengarahan dari Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Bantul dan sekcam Pajangan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Bantul Drs. Sulistiyanto, M.Pd dalam arahannya menyampaikan apresiasi bahwa RAT KUD Tani Karya telah dilaksanakan tepat waktu, terakhir hari ini 31 Maret 2015. Berdasarkan keputusan Pemerintah bahwa mulai tanggal 17 Maret 2015 harga pokok pembelian gabah naik oleh Bulog, gabah kering dari harga Rp. 3.300,00/kg naik menjadi Rp. 3.600,00/kg, beras dari Rp. 6.600,00/kg menjadi Rp.7.300,00/kg, tujuan utama dari kenaikkan tersebut untuk meninggkatkan kesejahteraan para petani. Ia mengaharpkan KUD Tani Karya Pajangan bisa melakukan pembelian gabah atau beras dari petani. Pemerintah Kab. Bantul telah melakukan sistem Resi Gudang, gudangnya ada di bekas pasar Niten lama, Koperasi, petani perorangan atau kelompok dapat menyimpan gabah, beras dan jagung, Dengan minimal penyimpanan 2 ton, petani atau kelompok yang menyimpan akan dapat resi, resi tersebut bisa dipakai untuk pinjaman ke Bank BRI maupun ke Bank BPD DIY dengan bunga 6 %/Tahun, sehingga petani bisa menanam kembali.

Drs. Sulistiyanto, M.Pd mengatakan untuk Tahun ini koperasi-koperasi di Bantul perlu adanya efisiensi sehingga bisa mengurangi beban koperasi itu sendiri dan tidak merugi, pengurangan diutamakan di beban tetap. Pemerintah akan menunjuk KUD untuk menyalurkan pupuk bersubsidi. Untuk meningkatkan KUD Tani Karya Pajangan perlu belajar  ke KUD Tani Makmur Kasihan yang KSP (Koperasi Simpan Pinjam) dari KUD, Ijin KSP perlu segera diurus, Tahun 2016 ijin KSP akan dikeluarkan dari pusat yang tentunya akan memakan waktu lama. KSP akan menjadi badan Hukum tersendiri terlepas dari KUD. KUD Tani Karya ini masih perlu revitalisasi dan reorganisasi sehingga KUD bisa kembali kearah organisasi koperasi. Kecamatan Pajangan dan Lurah Desa bisa mengawal koperasi ini untuk lebih maju karena KUD Tani Karya Pajangan ini milik masyarakat Kec. Pajangan.

Pajangan harus bisa memanfaatkan wilayahnya yang akan menjadi jalur ekonomi. Tahun 2016 Pelabuhan di Kulon Progo akan beroperasi dan selambat-lambatnya Tahun 2019 Bandara di Kulon Progo juga sudah beroperasi. Poros pertumbuhan ekonomi sedang disusun oleh Pemerintah DIY yaitu di Sedayu, Pajangan dan Sentolo (Kulon Progo) untuk itu KUD harus bisa memetik peluang ini, peluang usaha yang perlu dikembangkan harus segera dikembangkan sehingga KUD Tani Karya Pajangan bisa menjadi kekuatan ekonomi di Kec. Pajangan. Ia berharap agar KSP bisa menjadi Badan Hukum tersendiri terlepas dari KUD Tani Karya Pajangan. Selanjutnya Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Bantul Drs. Sulistiyanto, M.Pd secara resmi membuka RAT KUD Tani Karya Pajangan tutup buku Tahun 2014.

Pembukaan RAT Tani Karya Pajangan tutup buku Tahun 2014 berakhir pada jam 11.00 WIB dalam keadaan aman kondusif. Selanjutnya dilakukan RAT KUD Tani Karya Pajangan. (Sihumas Kec. Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger