POLSEK KRETEK LAKSANAKAN PENGAMANAN UPACARA MALESTI DI PANTAI PARANGKUSUMO

Senin, 16 Maret 20150 komentar



Polsek Kretek melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan Upacara Malesti atau Labuhan Suci di Pantai Parangkusumo, Minggu, 15 Maret 2015 pukul 13.00 Wib.

Kegiatan Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo ini, dilaksanakan oleh seluruh  umat Hindu dari wilayah DIY dan sekitarnya. Peserta Upacara Melasti tahun ini diperkirakan mencapai 1500 peserta. Berangkat dari Pura Jagatnatha Plumbon Rt.03, Banguntapan menuju Pantai Parangkusumo dengan menggunakan transportasi  kendaraan 5 bus, truk dan mobil pribadi dikawalan oleh PJR Polda DIY. Route yang dilalui dari Pura Jagatnatha - S.4 Blok O - S 4 Karangturi - S.4 Gondowulung - S.4 Wojo - S.4 Druwo - Jl.Paris -  S3 Tembi - S.4 Manding  -  S.4 Bakulan - S.3 Parangkusumo - Lokasi Parang Kusumo. Rombongan tiba di Pantai Parangkusumo pada pukul 14.00 Wib.

Upacara Melasti yang dilaksanakan di Pantai Parangkusumo ini digelar dalam rangka menjelang hari raya Nyepi 1937 Saka (2015 M) dengan tema "Umat Hindu Membangun Harmoni Kesadaran Spiritual dan Budaya Nasional". 

Kegiatan labuhan diawali dengan  kirab sesaji dari pelataran Pendopo Parangkusumo berjalan menuju altar ditepi Pantai Parangkusumo. Setelah prosesi upacara di altar selanjutnya barang barang uba rampe dilabuh ke tengah laut selatan sebagai simbol seluruh kotoran yang melekat di tubuh manusia dan benda-benda sekelilingnya dibuang ke laut.

Upacara Melasti merupakan salah satu rangkaian upacara menyambut hari raya Nyepi bagi agama Hindu. Upacara ini biasanya dilakukan 3 hari sebelum perayaan Nyepi. Upacara Melasti bisa juga sebut upacara Melis atau Mekilis, dimana pada hari ini umat Hindu melakukan sembahyangan di tepi pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya kelaut,ini dilaksanakan sebelum merayakan Tapa Brata penyepian. Namun upacara melasti ini tidak selalu dilaksanakan dilaut, namun ada juga yang melaksanakannya di sumber mata air namun walau tempatnya berbeda inti dari upacaranya sama yaitu mensucikan diri dari segala perbuatan buruk.

Selama kegiatan Upacara Melasti berlangsung, Polsek Kretek menerjunkan personelnya di Pantai Parangkusumo untuk melaksanakan pengamanan hingga berakhirnya kegiatan pada pukul 17.00 Wib, dengan aman dan tertib. (Sihumas Sek Kretek)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger