UNIT BINMAS POLSEK PAJANGAN ADAKAN PENYULUHAN PAHAM RADIKAL PADA PEMUDA PEMUDI JOGONANDAN PAJANGAN

Senin, 13 April 20150 komentar



Binmas Polsek Pajangan Aiptu Subari dan Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH memberikan penyuluhan bertempat di rumah Bapak Sumanto Ketua RT 04 Dk. Jogonandan Triwidadi Pajangan, Sabtu 11 April 2015 jam 20.30 Wib.

Acara dihadiri Kepala Dukuh Jogonandan Bpk. Saronto, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana, Bidan Desa Triwidadi Siti Thoharoh, Ketua muda-mudi Jogonandan Sdr. Fuad Prasetyo dan para peserta penyuluhan ± 50 orang.

Acara diawali dengan penyuluhan kesehatan dari Puskesmas Pajangan yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH yang menyampaikan tentang dampak kesehatan pernikahan dini,  Kekerasan dalam Pacaran, HIV dan AIDS. Pernikahan dini sangat berbahaya bagi kesehatan, usia yang paling baik untuk melakukan pernikahan wanita umur 20 Tahun dan laki-laki 25 Tahun. Pernikahan dibawah umur dapat mengakibatkan kanker dinding rahim, keracunan kehamilan, pertumbuhan janin yang kurang baik dan perceraian.

Kekerasan dalam pacaran (KDP) dapat berdampak gejala kecemasan dan depresi, keterlibatan dengan perilaku beresiko (obat, narkoba, rokok dan alkohol), perilaku anti sosial, pikiran bunuh diri dan bisa menyebabkan penyakit HIV. Kekerasan bisa dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. Ada 10 bentuk KDP diantaranya mengawasi (Stalking) fisik dan cyber, berulang-ulang membuat pasangan down, cemburu buta, kemarahan yang meledak-ledak, isolasi, perubahan mood yang cepat, menyakiti secara fisik, kata-kata, uang dan atau seksual, posesi dan kontrol yang berlebihan.

Mengenai HIV dan AIDS perlunya kehati-hatian kita terhadap perkembangan penyakit ini. HIV dan AIDS ditularkan melalui cairan darah, cairan sperma dan cairan vagina, dan melalui air susu ibu (ASI).

Kemudian dilanjutkan dengan pembinaan dan penyuluhan dari Binmas Polsek Pajangan yang disampaikan oleh Aiptu Subari tentang Waspadai Paham Radikal. Diharapkan pemuda pemudi waspada perekrutan NII, ISIS dan lainya di indonesia. Apabila mengetahui kegiatan mereka segera laporkan ke pihak berwajib.

Perekrutan dapat melalui iming-iming, bantuan-bantuan, pembelokan idiologi, hutang piutang sehingga calon korbannya tergantung dan terikat organisasi tersebut. Muda-mudi Jogonandan harus mengetahui bahwa paham tersebut tidak sesuai dengan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinika Tunggal Ika. WNI yang ikut ISIS status kewarganegaraannya dapat dicabut. Selain  NII dan ISIS kita harus mewasdai radikalisme lainnya.

Polsek Pajangan siap menerima laporan dari masyarakat Pajangan apabila ada radikalisme diwilayahnya. Kita menginginkan wilayah Pajangan yang aman dan tertib serta warga masyarakatnya taat Hukum sehingga Pajangan dapat lebih maju dan berkembang serta masyarakatnya sejahtera.

Hingga Selesainya pembinaan dan penyuluhan dari Polsek dan Puskesmas di Dk. Jogonandan situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger