DIY SEBAGAI TUAN RUMAH OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2015

Rabu, 20 Mei 20150 komentar



Bertempat di Jogja Convention Centre(JEC) Yogyakarta, Gubernur DIY Hamengku Buwono X membuka secara simbolik Olimpiade Sains Nasional (OSN) XIV Tahun 2015. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama antara Gubernur DIY dengan Dirjend Pendidikan Menengah(Dikmen) Kemendikbud RI Prof. Ahmad Jazidi.

Rencananya rangkaian kegiatan OSN ini akan berlangsung hingga tanggal 24 Mei mendatang, melibatkan lebih 3.000 Orang peserta dari SD, SLB, SMA, SMK seluruh Indonesia dan akan ditutup oleh Mendikbud RI Anies Baswedan.

Dalam sambutannya Gubernur DIY mengatakan, dulu ada anggapan penguasaan sains siswa kita sangat rendah. Tetapi sekarang terbantahkan oleh prestasi yang diukir anak bangsa di OSN dan membuktikan pada dunia bahwa Indonesia masih ada. Hal memberi makna bahwa, di tengah rentetan ketidakpastian politik, korupsi dan masalah-masalah pendidikan yang sedang melanda bangsa ini ternyata masih banyak anak Indonesia yang bisa memberi harapan dan diapresiasi, cerdas, jenius, memiliki ketekunan yang keberadaannya sebagai teladan dan benih bangsa, walaupun di sisi lain masih banyak  anak yang masih terjebak gaya hidup, jalan pintas dan narkoba. “Anak-anak berprestasi ini seringnya sudah diintip asing untuk diiming-imingi bea siswa untuk belajar di negaranya” lanjut Gubernur.

Gubernur juga mengakui masih rendahnya tingkat penguasaan terhadap ilmu murni di kalangan siswa dan mereka lebih menyukai mempelajari ilmu terapan. Hal ini perlu ditindak lanjuti dengan program pendidikan  yang sesuai dan  memiliki daya tarik, dan berharap mereka mampu memahami korelasi teks Ilahiah dengan tekstur alam.

Sementara itu Dirjend Dikmen Ahmad Jazidi mengatakan, untuk maksud peningkatan kwalitas kedepan penjaringan OSN skala negara seperti sekarang ini nantinya akan lebih didaerahkan. Sebagai contoh apa yang dilakukan DIY dengan didirikannya Clinic Centre sebagai wadah alumni OSN, mentoring guru dan pendamping penelitian serta  digagas pelibatan LSM dan voluntir dan kelompok peneliti untuk berpartisipasi.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan DIY Drs. Kadarmanto Baskoro Aji ketika ditanya target di OSN yang kebetulan di Yogyakarta ini mengatakan, “ tahun kemaren DIY peringkat empat Nasional, sekarang targetnya lebih baik dari itu. Paling tidak menjadi tuan rumah yang baik perhelatan OSN ini”

Nampak hadir pula pada acara tersebut Jajaran Kemendikbud RI, Jajaran Forkompinda DIY, DPRD DIY,  SKPD DIY, Dir Sabhara Polda DIY Kombes Pol Yulza Sulaiman, Perwakilan Perguruan Tinggi dan Sekolah se DIY, tokoh pendidikan serta  peserta OSN dari 34 Provinsi seluruh Indonesia dan tamu undangan lainnya.

Selama kegiatan berlangsung Anggota polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Banguntapan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger