MENGENALKAN SIAPAKAH ISIS DAN SYIAH

Senin, 25 Mei 20150 komentar



Minggu, 24 Mei 2015 pukul 08.50 Wib  di Lantai 1 Masjid KH. Ahmad Dahlan Kampus UMY Jl. Ringroad Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan Kajian Umum Tematik.

Kegiatan diselengarakan oleh Kementrian Agama BEM KM UMY bekerjasama dengan Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM) dengan tema "Mengenal siapakah ISIS dan Syi'ah".

Ketua Panitia Bambang Surono, ST mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada umat Islam tentang ISIS dan Syi'ah yang akhir - akhir ini mulai marak didunia maya dan nyata.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Staf Pengajar Ponpes Hammatul Qur'an Ust. Aris Munandar, SS, M.PI, Relawan Misi Kemanusiaan Palestina dan Suriah Ust. Abu Sa'ad Muhammad Nurhuda, MA, Kasat Binmas Polres BantuI AKP B. Muryanto, Kasat Intelkam AKP Bayu Dewasto, SH, S.iK, Menteri Agama BEM KM UMY M. Rizal Kurniawan dan peserta kajian umum sekitar 200 orang.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kasat Binmas Polres BantuI AKP B. Muryanto Mewakili Kapolres Bantul memberikan informasi bahwa sampai saat ini wilayah BantuI secara umum masih kondusif berkat kerjasama tomas, toga dan peran serta kaum intelek yang ada di UMY.

Dalam sambutanya, Kasat Binmas mengajak kaum intelektual dari Muhammadiyah agar tidak mudah terprofokasi dengan adanya indikasi paham sesat (Syiah, ISIS) yang saat ini mulai marak di Indonesia. Kasat mengajak hadirin agar bersama sama mencegah masuknya gerakan radikal ke Indonesia, karena kalau sudah masuk organisasi tersebut akan susah keluar.

Ust. Aris Munandar, SS, M.PI dalam paparanya menyampaikan tentang kesesatan ajaran Syiah. Antara lain beliau mengatakan Syiah adalah kelompok mencintai golongan Ali Bin Abi Tholib namun hakekatnya tidak mengikuti Ali dalam beragama sehingga klaim bahwa Syiah pengikut Ali adalah tidak benar, Syiah mencela istri / sahabat Nabi dan lain lainya.

Menurut Ust. Aris Munandar, SS, M.PI Syiah dibagi 3 kelompok yaitu

- Ghulam yaitu orang-orang yang berlebihan yang menyebut pimpinannya sebagai imam sampai melebihi batasan dari manusia dan memberikan unsur-unsur dari Ketuhanan.

- Kelompok Bathiniah yaitu dimonopoli oleh makna yang hanya diketahui oleh kelompoknya sendiri. Keyakinan mereka bahwa isi keyakinan mereka ada 2 Tuhan dan tidak mengimani putusan para Utusan Allah dan pendapat tentang kenabian hampir sama dengan filsafah Yunani bahwa kenabian merupakan suatu yang bisa diupayakan dan bukan merupakan pilihan dari Tuhan.

- Musailiyah meyakini Allah SWT menitis pada diri Ali bin Abi Tholib dan meyakini Ali adalah Tuhan dan nyawa orang hanyalah berpindah - pindah artinya orang yang sudah meninggal nyawanya akan pindah kepada orang lain, sholat adalah sebagai simbol Ali dan anak - anaknya dan tidak mengimani adanya surga karena surga adalah simbol dari kenikmatan dan neraka juga hanya simbol dari ketersiksaan.

Pada kesempatanya ustad Abu Sa'ad Muhammad Nurhuda, MA menjelaskan tentang kesesatan ISIS. Tokoh ISIS Abu Bakar Al Bagdadi menyatakan bahwa membunuh orang yang tidak bergabung dengan kelompok mereka adalah lebih utama dari pada membunuh 100 orang nasrani dan orang - orang diluar mereka adalah kafir. Kelompok ISIS sering mengkafirkan sesama muslim hanya berdasarkan atas penilaian mereka yang tidak mau bergabung dengan kelompok mereka.

ISIS muncul pertama dengan nama Tauhid wal Jihad dan kemudian mensatukan kelompok-kelompok yang melawan Amerika. Tahun 2011 muncul fitnah yang ada di Suriah antara pemerintah dan rakyat Suriah akhirnya orang - orang Suriah yang tergabung dalam Al Qaeda pada tahun 2013 membentuk ISIS.

Kelompok ISIS banyak di Indonesia dan wajib bagi kaum muslimin untuk memberitahukan kesesatan tentang ideologi ISIS. Muncul ISIS bukan karena masalah ekonomi namun karena keyakinan / ideologi oleh karena itu perlu ulama yang benar - benar tahu tentang ISIS untuk menanggulangi pertumbuhan ISIS yang ada di Indonesia.

Acara selanjutnya diadakan tanya jawab dan penggalangan dana untuk para pengungsi muslim Rohingya yang berada di Aceh. Acara selesai dalam keadaaan aman tertib dengan pengamanan oleh Anggota Polsek Kasihan. (Sat Binmas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger