PAGELARAN WAYANG KULIT PUNCAK ACARA MERTI DUSUN KREBET 2015

Selasa, 05 Mei 20150 komentar



Puncak acara Merti Dusun Krebet Tahun 2015 diadakan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di Pendopo Karosan rumah Bapak Sapta Sarosa, S.Psi dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Kab. Bantul, Sabtu, 2 Mei 2015 jam 20.00 Wib.

Sebagai dalang adalah Ki Cermo Hadi Sutoyo dari Pringgading Guwosari Pajangan, Bintang Tamu Tejo Blangkon dan Rini yang dihadiri oleh anggota DPRD Kab. Bantul Heri Sudibyo, Bibit Rustamto, SH, H. Supriono, M.Si, tuan rumah H. Sapta Sarosa, S. Psi, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, Ibu Kurnia Pendamping Kebudayaan DIY, Bpk. Setyo Pranoto mantan Lurah Argodadi Sedayu, Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng, para Kepala Dukuh Desa Sendangsari, para Ketua RT Krebet, Tamu undangan dan ± 700 warga sekitar.

H. Sapto Saroso, S. Psi mengemukakan acara merti Dusun ini dimulai sejak Zaman simbah Tahun 1945 dan saat ini telah memasuki 70 Tahun dan perayaan seperti ini telah dilaksanakan yang ke 13 untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT juga untuk daya tarik wisatawan berkunjung ke Krebet.

Lurah Sendangsari dalam kesempatan tersebut menyampaikan merti Dusun Krebet sangat luar biasa dan baik sekali dilakukan, sehingga bisa dijadikan contoh untuk Pedukuhan lainnya di Sendangsari. Keberhasilan suatu kegiatan  memerlukan kerjasama dan peran serta dari seluruh masyarakatnya. Undang-undang Desa sudah hampir terealisasi, Ia berterimakasih kepada perjuangan anggota dewan dan masyarakat dengan demikian pembangunan lokasi Wisata Jurang Pulo Sari sudah dirasakan hasilnya oleh masyarakat Krebet.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian wayang Janoko oleh Lurah Sendnagsari kepada Ki Dalang Cermo Hadi Sugito untuk mengawali pagelaran wayang pada malam itu. Pagelaran wayang mengambil lakon “Sri Sedono Nitis” dengan makna untuk mengembangkan Dusun ini sehingga tambah ramai dan bisa mencapai kemuliaan. Wiyogo pada malam itu dari kelompok kesenian Madyo Laras pimpinan Bpk. Sukimin dan waranggono/sinden yang ditampilkan Ibu Wagiyem, Suyati, Sutijem dan Ponijah.

Selama berlangsungnya acara personil polsek Pajngan mengadakan pengamanan hingga acara berakhir dalamkeadaan aman tertib. (Sihumas Sek Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger