SEMINAR KURIKULUM PAUD OLEH MENDIKNAS DI SPORTORIUM UMY

Jumat, 29 Mei 20150 komentar



Kamis, 28 Mei 2015 pukul 08.00 Wib bertempat di gedung Sportorium Kampus terpadu UMY jalan Ringroad barat Tamantirto Kasihan Bantul telah dilaksanakan Seminar Nasional Kurikulum PAUD dengan Tema “ Substansi, Tinjauan dan Implementasi “.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia ( Himpaudi ) Pusat dan Himpaudi DIY. Kegiatan seminar dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan PhD, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubawono X, GKR Hemas, Direktur pembinaan PAUD Dr Eman Syamsudin, Esti Nur Hidayati dari Komisi X DPR RI, Kadis pendidikan DIY Kadarmanto Baskoro Aji, Kasi PAUD se DIY, Para Guru PAUD se DIY, tamu undangan sebanyak 6700 Orang.

Dalam kesempatan ini Ketua Himpaudi Prof Dr Netti Herawati menyampaikan sambutan berupa Pendidikan anak usia dini ( PAUD ) merrupakan layanan pendidikan untuk anak berumur 0 – 6 tahun untuk mengoptimalkan tumbuh kembang jasmani dan rohani anak sehingga mempunyai kesiapan untuk kehidupan selanjutnya. PAUD lebih dari sekadar persiapan masuk SD karena usia dini adalah masa keemasan ( Golden Age ). Program PAUD sudah menjadi komitmen nasional dan internasional untuk memperluas pelayanan PAUD tertuang dalam deklarasi Dakkar dengan bertekad memberikan pelayanan semua anak pada tahun 2015.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menyampaikan tentang ucapan Apresiasi yang tinggi bagi guru yang telah menyelenggarakan pendidikan PAUD yang akan lebih meningkatkan Pendidikan anak Usia Dini. Mendiknas juga berpesan pada Guru bahwa penekannya adalah apa yang kita lakukan untuk anak usia didik kita bukan apa yang diperoleh sehingga dapat menjadi bekal masa depan yang bermanfaat bagi anak didik. Investasi pendidikan yang paling menguntungkan adalah pada usia dini, kita semua menyadari manfaat pendidikan PAUD efeknya sangat menyentuh sejak dini dalam berbagai hal kegiatan sehari hari.

Kegiatan seminar dilanjutkan dengan acara diskusi Panel 1 tentang Substansi kurikulum dan kebijakan Implementasinya dan sebagai moderator Dr Erman Syamsudin dengan pemateri Esti Hidayati menyampaikan bahasan Kebijakan Implementasinya, Bapak Ramon ( Kabalitbang Kemendikbud ) menyampaikan tentang Substansi Kurikulum, Prof Dr Fasli Jalal PhD ( Pakar PAUD ) menyampaikan tentang Tinjauan akademik dan Strategi Implementasinya, Panel 2 Moderator Dr Rita Eka Izzaty Msi dengan pemateri Ali Nugraha MPd menyampaikan tentang Tinjauan Development Approriate Practise anak usia dini pada kurikulum PAUD, Prof Dr Ir Netti Herawati menyampaikan tentang Tinjauan kurikulum dan kompetensi Pendidik PAUD dengan point pembahasan Substansi kurikulum PAUD dengan muatannya yang sangat rigid si satu sisi dan kondisi pendidik dan lembaga PAUD disisi lain serta bagaiman tahapan perkembangan anak dalam kaiatannya dengan kajian Development Approriate Practise sehingga dapat mencapai kesiapan belajar.

Kegiatan selesai pukul 13.00 Wib berjalan lancar dengan pengamanan anggota Polsek Kasihan. (Sihumas Sek Kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger