UPACARA PERINGATI HARI HARDIKNAS 2105 TINGKAT KEC PAJANGAN

Minggu, 03 Mei 20150 komentar



Mengingat terjadi hujan cukup deras sehingga pelaksanaan upacara peringati Hardiknas 2015 setingkat kecamatan Pajangan yang sedianya dilaksanakan di halaman akhirnya dialihkan ke Pendopo Kec. Pajangan, Sabtu 2 Mei 2015 jam 08.00 Wib.

Upacara dihadiri oleh Kepala Rutan Bantul Dr. H. Syahrial Yuska, Bc, IP, SH, MH, Danramil Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Kepala UPT Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH dan tamu undangan lainnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, perangkat upacara dilaksanakan oleh SMAN 1 Pajangan. Sedangkan peserta upacara adalah TNI, Polri, para PNS, Perangkat desa, siswa dan Mahasiswa yang melaksanakan KKN di wilayah Kec. Pajangan.

Pelaksanaan upacara Hardiknas Tahun 2015 bertemakan "Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila".

Camat Pajangan dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional Dr. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D yang menyampaikan Republik tercinta ini digagas oleh anak-anak muda terdidik dan tercerahkan. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri Bhineka yang modern. Sebuah negara yang berakarkan adat dan budaya bangsa nusantara, beralaskan semangat gotong royong, tapi tetap mengedepankan dan menumbuhkembangkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagi sebuah negara modern.

Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Persinggungan dengan pendidikanlah yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui zamannya. Gagasan dan perjuangan yang membuat Indonesia dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia dan di Afrika. Dunia terpesona pada Indonesia, bukan saja karena keindahan alamnya, atau keramahan penduduknya, atau keagungan budayanya, tetapi juga karena deretan orang-orang terdidiknya yang berani mengusung ide-ide terobosan dengan ditopang pilar moral dan intelektual.

Indonesia adalah negeri penuh berkah. Di tanah ini, setancapan ranting bisa tumbuh menjadi pohon yang rindang. Alam subur, laut melimpah, apalagi bila melihat mineral, minyak, gas, hutan dan semua deretan kekayaan alam. Indonesia adalah wajah cerah khatulistiwa. Namun kita semua harus sadar bahwa asset terbesar Indonesia bukan tambang, bukan gas, bukan minyak, bukan hutan ataupun segala macam hasil bumi; asset terbesar bangsa ini adalah manusia Indonesia.Tanggung jawab kita sekarang adalah mengembangkan kualitas manusia Indonesia. Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Jangan sesekali kita mengikuti jalan berpikir kaum kolonial di masa lalu.

Dengan pendidikanlah maka terbuka peluang untuk hidup lebih baik. Bagi kita yang kini berkiprah di luar dunia pendidikan, mari kita luangkan perhatian. Mari ikut terlibat memajukan pendidikan. Mari kita ikut iuran untuk membuat generasi anak-anak kita bisa meraih yang jauh lebih baik dari yang berhasil diraih generasi ini. Tanggung-jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu membimbing kita agar dapat meraih dan melampauicita-cita bangsa kita tercinta.

Selama berlangsungnya upacara personil polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga berakhir dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Sek Pajangan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger