CARA BEDAKAN BERAS ASLI DAN PALSU

Senin, 01 Juni 20150 komentar



Bila Anda akan membeli Beras harap berhati-hati. Karena kini ramai beredar beras palsu / Plastik  di Indonesia. Sehingga kita harus lebih waspada dan mampu membedakan antara beras asli dan palsu.

Tidak mudah memang untuk membedakan antara beras asli dan beras palsu (Plastik), karena kalau di lihat dari segi fisik hampir tidak ada perbedaan sama sekali. Berikut tips bagaimana cara membedakan beras asli dan Palsu.

1. Dilihat dari warnanya
Pertama kali hal yang harus diperhatikan saat membeli beras yakni Anda harus melihat warnanya, pasalnya Beras asli tampak bening namun terdapat warna putih susu di tengah-tengahnya sedangkan beras plastik warnanya bening saja.

2. Beras Asli cenderung kasar saat dipegang sedangkan Beras Palsu lebih halus karena berbahan plastik.

3. Saat dikonsumsi rasanya tawar
berat plastik jika dikonsumsi rasanya tawar tidak seperti rasa beras pada umumnya, selain itu setelah mengkonsumsi beras ini, perut akan terasa mual dan sakit

4. Tidak ada aroma beras
Perbedaan bisa Anda lihat saat mencucinya, Beras palsu saat dicuci tidak akan tercium aroma khas beras pada umumnya

5. Saat dimakan akan terasa lengket
Selain rasanya aneh, Beras sintetis saat dimakan rasanya lengket di tenggorokan, selain itu nasi akan menempel di langit langit mulut Anda saat dikonsumsi

Itulah beberapa cara sederhana membedakan beras plastik (buatan china) dengan beras Asli. Untuk dapat memastikan palsu dan asli dapat terlihat jelas saat Anda memasaknya, karena pada umumnya beras asli akan menyerap air sedangkan yang palsu cenderung mengeluarkan air.

Demi kesehatan keluarga dan anak tentunya ciri ciri beras plastik ini harus diketahui secara jelas, agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya yang tidak di inginkan. Semoga Bermanfaat.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger