HAHKIKAT BERPUASA ADALAH MENJADI TAKWA

Jumat, 26 Juni 20150 komentar




Muspika Imogiri mengadakan pengajian dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1436 H bertempat di Pendopo Kecamatan Imogiri, Jum’at, 26 Juni 2015 pukul 08.00 Wib. Tujuan diselenggarakannya pengajian ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketagwaan kita pada hari bulan suci Ramadhan 1436 H.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Imogiri, Kompol Iman Santoso, Camat Imogiri Drs Sigit Subroto, Danramil Imogiri kapten Armed Haryono dan pegawai instansi yang ada di Kecamatan Imogiri. Hadir sebagai penceramah KH. Ahmad Zabidi Marzuki.

Dalam ceramahnya KH. Fathurohim, S.Ag menyampaikan tujuan dan makna puasa. Menurut KH. Ahmad Zabidi Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam keempat yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim. Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wata’ala : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS Al Baqarah: 183).

Dari ayat Al Qur’an tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan ari berpuasa adalah menjadi manusia yang bertakwa.

Istilah takwa berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang artinya memelihara, yakni memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/petunjuk Allah. Ditinjau dari asal bahasa Arab, istilah takwa lebih dekat dengan kata waqa. Waqa bermakna memelihara dan melindungi sesuatu dari berbagai hal yang membahayakan dan merugikan.

Dari kata waqa ini, takwa bisa diartikan sebagai usaha untuk memelihara dari ketentuan Allah dan sekaligus melindungi diri dari dosa/larangan Allah. Takwa bisa juga diartikan sebagai berhati hati dalam menjalani hidup sesuai petunjuk Allah.

Berangkat dari pengertian tersebut, maka takwa berarti memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintahNya, menjauhi segala laranganNya, serta ridha (menerima dan menjalani dengan ikhlas) atas hukum-hukum dan ketentuan Allah. Sejalan dengan penjelasan ini, maka siapapun yang tidak menjaga dirinya dari perbuatan dosa tidaklah termasuk dalam kategori orang yang bertakwa. (Sihumas Sek Imogiri)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger