MUSPIKA BANGUNTAPAN HADIRI PERESMIAN MASJID UAD

Minggu, 21 Juni 20150 komentar



Jum'at, 19 Juni 2015 pukul : 09.00 Wib di depan Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jln. Ring Road Selatan, Kemutug, Tamanan, Banguntapan, Bantul telah berlangsung Peresmian Masjid UAD.

Peremian masjid dihadiri oleh ketua PP Muhammasiyah Prof.Dr.H.M Din Syamsudin M.A beserta tokoh-tokoh Muhammadiyah, Kapolsek Banguntapan AKP Suharno, SH, Camat Banguntapan Jati Bayubroto, Danramil Banguntapan Capten Suyadi, serta dihadiri kuranglebih 300 orang undangan dari berbagai instansi lainnya.

Acara peresmian selesainya pembangunan masjid dibuka oleh Drs. HM. Muchlas Abror membaca surat At Taubah dan An Nasr. Selanjutnya laporan panitia pembangunan masjid UAD menyampaikan laporan pintas pembangunan Masjid.

Masjid UAD didirikan diatas lahan seluas 5.970,06 meter persegi terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 untuk ruang seminar, pusat tarjih Muhammadiyah, konsultasi agama serta musium. Lantai 2 mampu menampung 860 jamaah dan untuk serambi 100 jamaah dan Lantai 3 kapasitas 480 jamaah dan untuk serambi 160 jamaah. Total jamaah lantai 2 dan 3 sekira 1600 jamaah. Total keseluruhan mampu menampung kurang lebih 4000 jamaah.

Pembangunan masjid dimulai sejak 18 November 2014 hingga 1 April 2015, sekira 18 bulan pelaksanaan pembangunan dengan biaya kurang lebih Rp. 39 milyar yang bersumber dari donatur baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam Sambutan Rektor UAD Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc menyampaikan Kita sudah cukup lama memimpikan mempunyai sebuah masjid dan mengharumkan nama Universitas. Harapan kita adalah kampus 4 UAD menjadi kampus utama. Khusus untuk masjid ini, ingin kita jadikan icon di Yogyakarta dan menjadi pusat kajian islam. Lantai pertama sebagai ruang konferensi, pusat tarjih muhammadiyah, konsultasi agama serta musium. Zona yang lain adalah untuk asrama yang ditempati mahasiswa - mahasiswa UAD.

Pembangunan masjid ini memperoleh bantuan dari Saudi Arabia sebanyak 500 ribu dolar AS atau sekira Rp 5 milyar. Harapannya semoga masjid ini menjadi masjid yang berkah bagi kita semua. Aamiin

Sejarah pembangunan masjid di Kampus UAD, UAD memprioritaskan membangun ruang - ruang kelas untuk proses kuliah mahasiswa  baru membangun masjid. Selanjutnya kami meminta ketua PP muhammadiyah untuk memberikan nama buat masjid sekaligus meresmikannya, tutupnya.

Sebelum meresmikan masji Prof. Dr. H. M. Din Syamsuddin, M.A menyampaikan tausiah pada semua hadirin. UAD mengalami kemajuan, kampus yang indah, kampus yang berwibawa. Perlunya integrasi ilmu agama, Al Jami' menjadi Al Jamiah. Tidak ada pemisahan antara ilmu agama dengan ilmu kemuliaan. Filosof - filosof muslim sebelumnya menjadi ilmuan dahulu sebelum menjadi filosof - filosof.

Univercity itu terjemah dari Al Jamiah. Saya mengharapkan UAD mampu mengembangkan ilmu pengetahuan yang tidak meninggalkan ilmu keagamaan. Menyandang nama Muhammadiyah ada beban moril maka harus betul -betul Muhamadiyah dari Perguruan Tinggi Negri lain, mencerminkan pikiran dari Ahmad Dahlan.

Saya mengusulkan 3 nama untuk masjid ini : 1. Masjid K.H Ahmad Dahlan namun sudah buat nama di masjid kampus UMY, maka dari itu silahkan kordinasi antara UAD dengan UMY untuk nama masjid. 2. Masjid K.H Ibrahim karena masih mempunyai hubungan dari K.H Ahmad Dahlan (adik ipar) beliau memimpin Muhammadiyah. 3. Masjid K.H Faried Ma'roef merupakan salah satu pendiri UAD dan rektor pertama di UAD.

Selanjutnya acara ditutup dengan doa dipimpin Drs. HM. Muchlas Abror. Kemudian bersama - sama menuju area depan masjid, dengan mengucap basmalah ketua PP Muhammadiyah meresmikan masjid secara simbolis dengan cara membunyikan Bel Alarm dan pemotongan pita. Selanjutnya masuk kedalam masjid dan melihat bangunan dalam masjid serta cek fasilitas pendukung lainnya.

Acara peremmian masjid berakhir pukul 11.00 Wib situasi aman terkendali dengan pengamanan personil dari Polsek Banguntapan. (Sihumas Sek banguntapan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger