RAZIA PETASAN MINGGU DINI HARI DI STADION SULTAN AGUNG BANTUL

Minggu, 28 Juni 20150 komentar



Karena banyaknya laporan masyarakat yang diresahkan dengan maraknya ledakan petasan di wilayah stadion Sultan Agung Bantul, maka Minggu dini hari, 28 Juni 2015 jam 05. 00 wib telah diadakan razia petasan di Stadion Sultan Agung Bantul dan sekitarnya.

Razia melibatkan anggota gabungan yang terdiri dari Polsek Jetis, Polsek Sewon, Polsek Pleret dan Sat Sabhara Polres Bantul yang masing masing di pimpin oleh Kapolsek dan Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Riyono, SH.

Dalam razia ini anggota gabungan memeriksa semua kendaraan pengunjung yang masuk ke stadion satu per satu di periksa jok kendaraan dan barang bawaanya, bila kedapatan petasan atau barang yang dilarang langsung disita oleh petugas. Sebagai catatan bahwa stadion Sultan Agung Bantul pada bulan Ramadon ini setiap selesai sholat Subuh selalu dipadati oleh masyarakat dan tidak jarang dijadikan ajang meledakan petasan sehingga membuat resah warga sekitar.

Hal ini sangat meresahkan masyarakat karena suara mercon terdengar keras bersautan sautan sehingga memekakan telinga. Oleh karena itu maka razia ini perlu dilaksanakan demi ketertiban dan kenyamanan, jelas Kasat Sabhara.

Setelah sekian lama petugas mengadakan razia pada akhirnya berhasil mendapatkan ratusan petasan dengan berbagai ukuran. Razia ini akan dilakukan secara berkala karena hampir setiap pagi sering terdengar suara ledakan petasan yang menggangu masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1436 H selain itu juga untuk mencegah jatuhnya korban petasan, jelas Kasat Sabhara.

Penjualan petasan dan kembang api sendiri diatur dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Bunga Api dan Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008 tentang pengawasan pengendalian dan pengamanan bahan peledak komersil.

Dalam perundangan tersebut dinyatakan pembuat, penjual, penyimpan, dan pengangkut petasan bisa dikenakan hukuman 12 tahun penjara hingga maksimal kurungan seumur hidup. (Sihumas Sek Jetis)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger