CEGAH KECELAKAAN, SOPIR BUS JALANI TES KESEHATAN DI BANTUL

Rabu, 22 Juli 20150 komentar



Puluhan sopir bus di Terminal Palbapang, Bantul, menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim Dokkes Polri dari Polres Bantul, Rabu, 22 Juli 2015. Pemeriksaaan kesehatan ini untuk memeriksa kesehatan para sopir yang akan membawa para pemudik ke sejumlah tempat tujuan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Ketupat Progo 2015. Menurut Paurkes Bag Sumda Iptu Gunarto yang memimpin jalannya pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan kesehatan awak bus ini tidak hanya untuk sopir bus antarkota antar provinsi (AKAP), melainkan juga untuk para sopir antarkota dalam provinsi (AKDP) dan sopir bus lokal.

Melalui pemeriksaan ini diharapkan mengurangi resiko kecelakaan selama arus balik akibat sopir kelelahan. Potensi gangguan kesehatan atau faktor kelelahan harus dapat diantisipasi karena sopir harus selalu memiliki kondisi yang prima sebagai pemegang kendali utama dalam perjalanan. Ia mengatakan, beberapa pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan, meliputi tekanan darah, alkohol, hingga penggunaan narkotika.

"Jika kondisi sopir nanti ternyata kurang sehat atau dinyatakan tidak layak mengemudikan bus dalam jarak jauh, maka akan kami minta untuk diganti," imbuhnya.

"Pemeriksaan kesehatan ini sebagai bagian dari upaya memberikan kenyamanan bagi pemudik. Harapanya, para sopir yang membawa kendaraan dalam keadaan prima ketika menjalankan tugasnya," ujar Gunarto.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Bantul, Iptu Firdaus Canggih Pamungkas, SIK yang menyertai kegiatan pemeriksaan kesehatan ini berpesan kepada para penumpang bus. Firdaus Canggih mengingatkan apabila sopir bus kedapatan ugal-ugalan dalam mengemudikan bus sehingga membahayakan keselamatan, agar para penumpang tidak segan-segan untuk menegurnya.

“Jangan ragu untuk menegur sopir yang ugal-ugalan, karena keluarga kita menunggu di rumah,” pungkas Firdaus Canggih. (Bag Humas Res Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger