MUSPIKA PAJANGAN MENGHADIRI ACARA SARASEHAN DA’I DAN MASYARAKAT DI BALAI DESA GUWOSARI

Senin, 03 Agustus 20150 komentar



Muspika Pajangan menghadiri acara Sarasehan Da’i dan Masyarakat di Balai Desa Guwosari, Pajangan, Jumat 31 Juli 2015 jam 20.00 Wib. Acara yang diselenggarakan oleh Kelompok KKN UIN Sunan Kalijaga Angkatan 86 Kelompok 5 Dusun Dukuh, Desa Guwosari ini mengambil tema “Mengukuhkan Kebersamaan Mencegah Perpecahan” mengahdirkan Sekretaris LDNU PWNU DIY Dr. Muhajir, M.Si dan Basuki Winoto dari Mind Boster Indonesia sebagai nara sumber.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil Pajangan Kapten Suyadi, KUA Pajangan diwakili oleh Syahril Sidiq, SPdI, Kapolsek Pajangan diwakili Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH, Babinsa Desa Guwosari Serka Sugiono, Kabag Pelayanan Desa Guwosari Yudi Susanto, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Dukuh Guwosari, Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga serta peserta sarasehan kurang lebih 60 orang.

Dalam acara tersebut, nara sumber membahas masalah yang belakangan ini marak. Salah satunya berbagai upaya dari pihak-pihak tak bertanggung jawab yang bertujuan ingin memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia seperti berkembangnya paham radikal, rekruitmen kelompok ISIS di Indonesia dan yang terakhir kejadian di Tolikara. Bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, ras, bahasa daerah dan agama hendaknya tetap menjaga semangat persatuan dan kesatuan.

Kerjasama lintas sektoral dengan semua pihak juga harus terus ditingkatkan, termasuk masyarakat juga diajak untuk segera melaporkan apabila melihat, mendengar upaya-upaya memecah belah persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar umat beragama di indonesia. Guna mencegah disintegrasi Bangsa Indonesia harus dilakukan penanaman jiwa patriotisme sejak dini, hilangkan sifat-sifat kesukuan (sukuisme) dan mengatas namakan agama, kelompok serta golongan tertentu. Pemahaman persatuan dan kesatuan sebagai Bangsa Indonesia harus ditanamkan dan ditumbuhkan kepada generasi penerus sesuai amanat yang tertuang dalam sumpah pemuda yang kita peringati setiap tahunnya.

Semoga dengan diadakannya sarasehan ini, masyarakat Pajangan dapat menjaga kerukunan dan mampu meningkatkan kepeduliannya terhadap hal-hal yang bersifat dapat membahayakan persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terjalin harmonis. (Sihumas Sek Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger