BHABINKAMTIBMAS DESA GUWOSARI HADIRI SARASEHAN HARI JADI DESA GUWOSARI

Minggu, 27 September 20150 komentar



Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH menghadiri acara Sarasehan Hari Jadi Desa Guwosari Tahun 2015 bertempat di Balai Desa Guwosari, Jumat 25 September 2015 jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, H. M. Juremi, S.Sos Ketua BPD Desa Guwosari, Mantan Lurah Desa Guwosari, TP PKK Desa Guwosari, para Kepala Dukuh, Tokoh Masyarakat, anggota BPD dan LPMD Desa Guwosari, peserta sejumlah ± 50 orang.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyampaikan, hari jadi suatu Desa sangat berkaitan dengan jati diri Desa itu sendiri. Suasana Kebathinan di Desa Guwosari tidak lepas dari Kepahlawanan Pangeran Diponegoro, sehingga perlu digali dan untuk menyemangati warga Desa Guwosari.

Menyemangati dalam arti meneladani dan berjuang seperti yang dilaksanakan oleh Pangeran Diponegoro yang merupakan salah satu Pahlawan dan Tokoh Nasional. Ia bersama anggota DPRD Kab. Bantul beberapa waktu yang lalu telah berkunjung ke Makassar tepatnya di Makam Pangeran Diponegoro, selain berziarah dan juga menggali sejarah Pangeran Diponegoro. Makam Pangeran Diponegoro disana sangat tertata rapi dan terawat.

Goa Selarong merupakan Wisata Sejarah Pangeran Diponegoro dan merupakan Ikon dari Kab. Bantul. Tahun ini merupakan prioritas pembangunan dari Dana Keistimewaan Yogyakarta, rencananya akan dibangun panggung terbuka, show room, taman bermain anak-anak Paud dan sarana serta prasara pendukung lainnya. Dari anak Paud nantinya diharapkan dapat mengerti dan mengenal sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro. Untuk Tahun berikutnya di Dam Kamijoro yang mempunyai nilai sejarah.

Dari pengumpulan data-data sejarah berdirinya Desa Guwosari yang disampaikan oleh Lurah Guwosari H. Muh. Suharto bahwa, sebelum adanya Desa Guwosari adalah kelurahan Selarong dan Kelurahan Iroyudan. Penggabungan ini sekitar Tahun 1946 serta Lurah pertama adalah Sukro Wardi. Terbentuknya Desa Guwosari bareng dengan hari jadi Desa Sendangsari (19/10/1946) dan Desa Triwidadi (23/11/1946).

Untuk mengetahui lebih jelasnya berdirinya Desa Guwosari maka diadakan sarasehan ini dan nantinya akan memerintahkan Kabag Pelayanan untuk mencari data berdirinya Desa Guwosari ke Kantor  Arsip Daerah DIY. Terakhir Ia menyampaikan setelah diketahuinya hari jadi Desa Guwosari nantinya akan diadakan acara Kirab Budaya Desa Guwosari dengan mengadakan Grebeg Selarong.

Hingga selesainya sarasehan hari jadi Desa Guwosari di Balai desanya situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Sek Pajangan).

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger