PENTAS TEATER KOLOSAL DI LAPANGAN PASEBAN BANTUL

Senin, 26 Oktober 20150 komentar



Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Pentas Teater Kolosal “Rebutan Cupu Manik Hasthagina”. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2015 mulai pukul 20.00 Wib di Lapangan Paseban Bantul tersebut merupakan program kerja dari seksi Rekayasa Budaya Dinas Kebudayaan DIY tahun 2015.

Dengan mengangkat kisah Subali-Sugriwa-Anjani dalam cerita pewayangan, diambil nilai-nilai luhur yang dikontekskan dengan situasi zaman sekarang. Permasalahan yang diangkat beranjak dari kondisi Indonesia yang memiliki berbagai macam permasalahan sosial dalam era globalisasi ini. Bukan hanya persoalan ekonomi, politik, keamanan, melainkan juga persoalan mendasar seperti moralitas, krisis kemanusiaan, krisis kepemimpinan, kepercayaan diri, dan sebagainya.

Inti ceritanya adalah perjuangan manusia dalam menghadapi berbagai macam persoalan hidup yang kerap menjerumuskan dan membuat orang lupa akan hakikat dirinya sebagai manusia.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs Umar Priyono, MPd yang mewakili Gubernur DIY, Sekda Bantul Drs Riyantono, Msi yang mewakili Bupati Bantul, SKPD se DIY, Unsur Muspida Bantul, para Budayawan dan Seniman, Camat se Kabupaten Bantul serta unsur Muspika se Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs Umar Priyono, MPd mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. 

Pementasan “Rebutan Cupu Manik Hasthagina” memang melibatkan pelaku seni muda Yogyakarta dari berbagai komunitas teater, mahasiswa, dan pelajar. Kegiatan yang digarap oleh 270 orang ini sebagian besar dari kalangan generasi muda. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada mereka dalam menunjukkan sumbangsih dengan kegiatan kesenian yang berkualitas. Harapannya, generasi tua mempercayakan pementasan kepada generasi muda.

Pentas Teater Kolosal ini disaksikan kurang lebih 2000 pengunjung, berakhir pada pukul 23.30 Wib dan berjalan aman serta lancar dengan pengamanan personil Polsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger