KASAT BINMAS POLRES BANTUL HADIRI RAKOR SINKRONISASI FKUB BANTUL

Kamis, 26 November 20152komentar



Rabu, 25 Nopember 2015 pada jam 10.00 wib Kasat Binmas Polres Bantul AKP Rita Suwadi SH.MM.SIK menghadiri  Rakor Singkronisasi Program dan Laporan Kinerja Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bantul bertempat di RM Parangtritis Gabusan, Bantul.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kemenag Bantul, Staf Ahli Bupati Bantul, Ka Dinas Perijinan Bantul, Kejari Bantul, Dinas Sosial Bantul, Dinas Kesbangpol Bantul, Satpol PP Bantul, Ketua dan pengurus FKUB Bantul.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bantul Drs. H. Abdul Madjid, M.A, serta bertindak sebagai moderator adalah Staf Kemenag Kabupaten Bantul yang menyampaikan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan tahun 2015 diantaranya :

Memberikan Suport kepada FKUB Bantul yang telah melaksanakan kegiatan antara lain Sarasehan Pengurus FKUB, Dialog tokoh umat beragama dan Dialog pemuda lintas agama serta Rakor FKUB.

Dan juga telah melaksanakan  kegiatan pembinaan yang berupa Pembinaan kerukunan umat beragama, Verifikasi tempat ibadah, Pembinaan pemuda lintas agama, Outbond pemuda lintas agama, Monitoring evaluasi FKUB Kecamatan/Kabupaten.

Penyelesaian permasalahan umat beragama berupa Ijin pendirian Gereja Kadipiro Kasihan dan Gesikan pandak, Ijin Pendirian Masjid, Penyelesaian kasus interen umat beragama dan lain lain.

Dalam  kesempatanya, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Rita Suwadi SH.MM.SIK juga memnyampaikan bahwa terciptanya kerukunan inter dan antar pemeluk umat beragama tidak hanya menjadi tanggung jawab salah satu instansi tertentu saja, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan.

Setiap permasalahan yang ada, sekecil apapun permasalahan itu agar disampaikan dalam  forum dialog untuk dimusyawarahkan dan dicarikan solusi penyelesainya.

Dikarenakan permasalahan yang bernuansa agama sangat riskan dan sensitif maka jangan menganggap remeh permasalahan yang ada walaupun kecil sifatnya namun harus segera ditanggapi dan ditangani secara cepat dan tepat agar tidak merembet kemana mana / membesar .

Ditegaskan oleh Kasat Binmas, FKUB dalam memberikan pelayanan kepada umat beragama dapat berdiri ditengah -  tengah dalam artian tidak pilih kasih serta tidak  memihak kepada salah satu agama tertentu. Agar FKUB dan instansi terkait secara maksimal  mensosialisasikan  isi PBM No 9 Tahun 2006 dan No 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah dalam  pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan FKUB dan Pendirian Rumah Ibadah, sampai ke tingkat pejabat Kecamatan, Kelurahan/Desa serta para Tokoh Agama dan Ormas Keagamanan.

Menutup sambutanya, Kasat Binmas sangat mendukung dan mendorong terbentuknya Forum Pemuda Lintas Agama dari tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat Kecamatan.

Selama berlangsungnya rakor, situasi dalam keadaan aman tertib hingga berakhirnya acara. (Sat Binmas)

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger