WASPADALAH, PENIPUAN VIA TELEPON DENGAN MENGATASNAMAKAN PEJABAT POLDA DIY !

Selasa, 25 Juni 20130 komentar



Berhati-hatilah terhadap telepon/SMS yang mengatasnamakan pejabat atau polisi yang meminta transfer dana pada  anda, karena modus ini banyak digunakan para penipu dan sudah banyak masyarakat yang tertipu dengan modus ini.

Mutasi sejumlah pejabat Polri terkadang banyak dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab yang mencoba mencari keuntungan. Dengan mengatasnamakan pejabat Polda DIY, mereka meminta sejumlah uang untuk keuntungan pribadi. Bahkan sasaranya bukan hanya masyarakat tetapi anggota polripun dijadikan sasaranya juga. Kita mesti mewaspadai modus kejahatan serupa agar tidak menjadi korban, Sebaiknya dikonfirmasi terlebih dahulu ke kantor pejabat atau polisi tersebut untuk mengetahui benar tidaknya instansi tersebut meminta transfer dana. Jangan langsung percaya terhadap telepon yang mengatasnamakan pejabat atau polisi agar anda tidak tertipu.

Seperti yang terjadi pada hari selasa tanggal 11 Juni 2013 sekira pukul 07.00 wib, Kanit Intelkam Polsek Sleman AKP Solichul telah mendapatkan telephon dari seseorang yang belum dikenal dengan mengaku sebagai Driver Pejabat Polda DIY, kemudian yang bersangkutan menawarkan jabatan, untuk mendapatkan jabatan tersebut agar Kanit Intel tersebut mentransfer sejumlah uang ke rekening No. A/c 0937-01-052529-534 atas nama Sdri. Dewi Puspita melalui Bank BRI.

Sehubungan dengan kejadian tersebut bahwa Polda DIY, tidak pernah memerintahkan anggotanya/stafnya melalui apapun untuk minta sesuatu/sumbangan untuk menduduki jabatan dan sebagainya.

Guna mencegah kasus serupa yang terjadi diwilayah hukum Polda DIY, kepada anggota Polri agar selalu meningkatkan kewaspadaanya dan berhati hati serta tidak mudah percaya dan tertarik dengan bujuk rayu orang yang belum dikenal yang menawarkan sesuatu.

Bagi anggota jaga/piket, berbicara melalui pesawat telepon / menerima, tetap sesuai dengan prosedure (SOP) dan berikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik.

Apabila mendapati hal hal yang mencurigakan, catat indentitas lengkap orang tersebut termasuk nomor telepon yang digunakan guna mempermudah penyelidikan, segera laporkan atasan secara berjenjang.

Lakukan bagi warga masyarakat atau seseorang yang mengatasnamakan pejabat instansi dari intansi lain, yang menawarkan sesuatu dan minta imbalan baik berupa uang atau barang lainya, segera tangkap dan periksa sesuai dengan hukum yang berlaku.

Terhadap anggota /PNS Polri yang terbukti melakukan hal tersebut diatas, berikan tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku sebagai wujud Panishment dan tidak ditiru oleh anggota lainya.

Kasubag Humas Polres Bantul AKP Sulistiyaningsih mengatakan, “Kami sangat berharap warga maupun anggota Kepolisian, agar waspada dan antisipasi terhadap modus penipuan mengatasnamakan Pejabat Polda DIY. Karena hal tersebut sangat tidak benar,” jelasnya.

“Sejak beberapa hari lalu upaya penipuan tersebut terjadi pada Kanit Intelkam Sek Sleman. Pelaku mengatasnamakan driver seseorang pejabat Polda DIY guna meminta sejumlah uang. Dimana, sasaran mereka pejabat ditingkat Polsek. Sehingga tidak menutup kemungkinan aksi kejahatan serupa juga ditujukan ke masyarakat.

Berkaca dari kejadian ini, Kasubag Humas meminta dan mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap beragam bentuk modus penipuan. Serta mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mempercayai telepon/SMS yang mengatasnamakan kepolisian yang isinya meminta uang dengan alasan apa pun juga.

Beliau menjelaskan, aksi pelaku pemerasan atau penipuan mengatasnamakan pejabat biasanya dilakukan dengan cara menghubungi melalui telpon atau menyampaikan lewat pesan singkat (SMS). Mereka meminta sejumlah uang dengan beragam alasan. Biasanya mereka tidak mau bertemu langsung dan meminta koban transfer uang via rekening bank.

Ia menambahkan, modus penipuan ini marak terjadi ketika adanya pergantian pimpinan Polri. Maka, Kasubag Humas meminta kepada pihak manapun yang menerima telepon/SMS semacam itu, agar tidak ditanggapi karena nyata nyata merupakan tindak penipuan sehingga tidak menjadi korban karenanya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger