KELANGKAAN BBM

Rabu, 27 Agustus 20140 komentar



Bahan bakar minyak merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat dengan segera diperbaharui. Keberadaan bahan bakar minyak juga menjadi penting ketika turut mempengaruhi harga dipasar dunia. Bahan bakar minyak (BBM) sebagai barang yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari akhir – akhir ini menjadi topik yang hangat dibicarakan karena kelangkaannya.

Media baik cetak maupun elektronik telah memberitakan terjadinya antrian yang cukup panjang di SPBU yang terjadi dibeberapa daerah. Demikian pula dengan para pengusaha jasa angkutan, di Kepulauan Riau misalnya, yang sangat tergantung pada transportasi lautnya, issu tentang pengurangan BBM bersubsidi untuk kapal laut tentu akan mempengaruhi pelayanan yang diberikan terhadap penumpang.

Satu hal penting untuk kita cermati disini adalah bahwa ketersediaan bahan bakar minyak menjadi faktor penting untuk menjaga aktifitas masyarakat tetap berjalan dengan lancar. Ketika persediaan berkurang, sementara kebutuhan akan bahan bakar minyak masih tetap bahkan meningkat, maka ketika itu akan terjadi ketimpangan dan ketidakseimbangan. Efektifitas dan efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar minyak tentu juga harus didukung dengan upaya optimalisasi bahan bahan bakar yang tidak bersumber dari minyak, misalnya dengan menggunakan biogas.

Semoga kondisi kelangkaan bahan bakar minyak ini tidak memperburuk situasi dan menjadi gangguan terhadap kegiatan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Masyarakat dapat menyikapinya dengan pikiran yang jernih dan akal yang sehat, sehingga tidak menimbulkan dampak ketidaktertiban. Demikian pula dengan para oknum yang mencoba memanfaatkan situasi ini untuk melakukan penimbunan BBM, tindakan tersebut tentu bertentangan dengan Undang – Undang yang harus dipertanggunjawabkan secara hukum.

Pemerintahan yang baru nanti diharapkan mampu membuat kebijakan yang dapat menciptakan kondisi yang stabil, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjamin.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger