GELAR KESENIAN TARI DESA TRIWIDADI PAJANGAN

Rabu, 22 Oktober 20140 komentar



Bertempat di Balai Desa Triwidadi dilaksanakan acara Gelar Kesenian Tari Desa Triwidadi, Senin 20 Oktober 2014 jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Sekcam Pajangan Bambang Yuliono, SE, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Ketua Desa Budaya Triwidadi Sumidi Hadi Prayoga, A.Ma.Pd, Kepala Dukuh Desa Triwidadi dan Instruktur Tari/Seniman (TK, SD, SMP dan Masyarakat) serta peserta gelar kesenian tari Desa Triwidadi. Masyarakat yang menyaksikan sejumlah ± 500 orang.

Ketua desa Budaya Triwidadi Bpk. Sumidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam memperingati HUT Desa Triwidadi ke 68 yang jatuh pada tanggal 19 oktober 2014 ini Desa Triwidadi, Rumah Budaya Triwidadi dan Pemuda Karang Taruna Asung Bhakti Desa Triwidadi menyelenggarakan gelar Potensi Seni dan Budaya Desa Triwidadi yang dimulai pada tanggal 10 Oktober 2014.

Seluruh pedukuhan di Desa Triwidadi sejumlah 22 Pedukuhan ikut berpartisipasi menyemarakkan acara tersebut. Tujuan acara ini adalah untuk melestarikan, mengembangkan dan mengangkat seni budaya Triwidadi serta untuk memberi hiburan kepada masyarakat. Gelar kesenian tari ini diikuti oleh pelajar tingkat TK, SD, SMP dan masyarakat yang berada di wilayah Desa Triwidadi.

Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto menyampaikan bahwa gelar kesenian tari Desa Triwidadi dapat meningkatkan  kreatifitas instruktur tari dan anak akan kesenian tari. Kesenian dan Kebudayaan bisa membuat seimbang jasmani dan rohani. Ia berharap sebagai orang Jawa harus mencintai seni dan budaya Jawa, melestarikannya dengan mengenalkan seni budaya Jawa kepada anak-anak kita, syukur-syukur menjadi pelaku seni dan budaya Jawa.

Sekcam Pajangan bambang Yuliono, SE yang membuka acara menyampaikan dengan disyahkannya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta kita harus menindak lanjutinya dengan serangkaian kegiatan kesenian dan kebudayaan yang menunjukkan Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dinas Pariwisata Kab. Bantul mengajak kepada kita semua untuk memupuk bakat seni dan budaya anak-anak kita sehingga harapan kita seni dan budaya kab. Bantul dan yogyakarta dapat terjaga kelestariannya. Kita harus menunjukkan potensi dan budaya Desa Triwidadi yang dimiliki untuk ditampilkan sehingga masyarakat mengetahuinya dan semoga dapat menarik minat wisatawan.

Gelar kesenian tari yang ditampilkan pada malam tersebut sebanyak 8 kelompok, TK sebanyak 2, SD sebanyak 3, SMP sebanyak 1 dan masyarakat sebanyak 2.

Tari yang ditampilkan diantaranya, Tari Lilin dari TK PKK 27 Jambean, Tari Abatik dari TK PKK 72 Sekar Arum Pajangan, SD Triwidadi dengan Tari Soyong, SD Trucuk dengan Tari Kipas, SD Guwo dengan Tari Kalongking, SMPN 2 Pajangan dengan Tari Wira Pertiwi, dari Masyarakat Sdri Ainun Nais Butuh Lor membawakan Tari Golek Kinyo Tinembe dan dari trucuk menampilkan tari Gambyong yang dibawakan oleh Sdri. Lilik Pujiwati dan Sdri. Nining dan langsung diiringi oleh gending dan karawitan secara langsung.

Acara gelar kesenian tari ini mendapat pengamanan dari personil Polsek Pajangan yang dipimpin oleh  Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman berakhir pada jam 24.00 wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger