GELAR KIRAB POTENSI KESENIAN DAN KEBUDAYAAN DESA WISATA KREBET PAJANGAN

Selasa, 28 Oktober 20140 komentar



Kelompok Desa Wisata (Pokdarwis) Krebet Binangun Sendangsari Pajangan mengadakan Kirab Gelar Potensi Kesenian dan Kebudayaan Desa Wisata Krebet bertempat di Obyek Wisata Jurang Pulosari Dk. Krebet RT 02 Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu 26 Oktober 2014 jam 13.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S.Psi, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Kepala Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bantul, Anton Wahana tokoh masyarakat, para Ketua RT, tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Krebet dan ribuan penonton.

Ketua Panitia Pokdarwis pada sambutannya menyampaikan laporan bahwa Kirab seni dan budaya Desa Wisata Krebet diikuti oleh 11 bregodo atau kontingen diantaranya bregodo prajurit Krebet bakti Manggala, bregodo prajurit wanita Krebet Dewi manggala, tari Sanggar Pertiwi,   Sholawat maulud Gendring, Macapat Sekar Asri, Sholawat Hadroh Qotrul Qhoist, Teater Karang Taruna, Jathilan Sri Mudha Budaya, Kethoprak Mataram Eka Mudha Putra Budaya, Jathilan Kreasi Baru Beksa Kudha Mataram dan karawitan.

Kirab Gelar Potensi seni dan budaya Krebet dimaksudkan untuk mengangkat kembali potensi kesenian budaya Desa Wisata Krebet Binangun.  Acara dilaksanakan di obyek wisata alam Jurang Pulo Sari dimaksudkan untuk memperkenalkan dan meramaikan Obyek wisata sehingga dapat menarik wisatawan.

Acara gelar potensi budaya Krebet dimulai sejak tanggal 25 Oktober dan pada acara terakhir pada nanti malam dengan mementaskan Jathilan Kreasi Baru Beksa Kudha Mataram.

Dana kegiatan berasal dari bantuan Dinas Pariwisata DIY melalui Dinas Pariwisata Kab. Bantul. Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dan berpartisipasi sehingga acara Gelar Potensi Seni Budaya  Desa Wisata Krebet dapat terlaksana.

Lurah Sendangsari dalam sambutannya menyampaikan Desa Wisata Krebet yang sudah terkenal dengan kerajinan batik kayunya ditambah dengan obyek wisata Jurang Pulo Sari dan berbagai potensi seni dan budayanya dapat membawa manfaat kemakmuran, kesejahteraan dan kemajuan untuk Desa Wisata Krebet dan warganya.  Para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Desa Wisata Krebet diharapkan bersatu untuk melestarikan berbagai potensi seni dan budaya Desa Wisata Krebet.

Dalam acara tersebut digelar kesenian tari masal dari bregodo prajurit wanita Krebet Dewi manggala untuk mendukung Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan  pentas tari dari Sanggar tari Pertiwi yang menampilkan tari Nawung Sekar, Boneka Trambolin dan Topi Saya.

Kemudian paniti mementaskan Jathilan Klasik (Asli) dari kelompok Jathilan Sri Mudha Budaya pimpinan Bapak Mudho Sumarto yang menampilkan 2 babak.

Pada acara terakhir pada malam harinya dipentaskan kesenian Jathilan Kreasi Baru dari Bekso Kudha Mataram pimpinan Sdr. Panud Wibowo. Ada 3 babak yang ditampilkan dan penonton yang menyaksikan sekitar ± 1.000 orang.

Rangkaian acara Gelar Potensi Budaya Desa Wisata Krebet mendapat pengamanan dari personil Polsek Pajangan, Linmas Dk. Krebet, RAPI Pajangan dan SAR Bantul dipimpin oleh Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana dan berakhir pada jam 24.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger