WAKA POLRES BANTUL PIMPIN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE 86 DI HALAMAN POLRES BANTUL

Selasa, 28 Oktober 20140 komentar



Selasa, 28 Oktober 2014 sekira pukul 07.00 wib, Wakapolres Bantul Kompol Andri Siswan Ansyah, SIK sebagai Inspektur upacara dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 86 tahun 2014 di halaman mako Polres Bantul dengan mengambil tema "Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan".

Adapun sebagai Perwira Upacara adalah AKP Ayom dan Ndan Up Ipda Bayu S.A, SIK serta peserta upacara adalah Para Kabag, Para Kasat, anggota dan PNS Polres Bantul.

Wakapolres Bantul selaku Inspektur upacara dalam membacakan sambutan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia Roy  Suryo Notodirojo mengatakan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mempunyai nilai yang amat strategis karena dilaksanakan setelah bangsa Indonesia melampaui dua peristiwa penting yakni Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden / Wakil Presiden. Kedua peristiwa tersebut telah menguji semangat persatuan dan kesatuan kita. Berbagai tantangan dan rongrongan terus dialami oleh bangsa kita yang dapat mengancam semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Namun patut  disyukuri bahwa hal itu dapat kita lampaui dengan selamat dan tetap mampu menjunjung tinggi semangat  persatuan dan  kesatuan  bangsa  Indonesia.

Disamping  itu  tahun  2014  telah dicanangkan sebagai Tahun KebangkitanPemuda sekaligus dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015 yang memerlukan semangat persatuan untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kuat, maju dan hebat. Sangatlah tepat jika pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 86 tahun ini mengusung tema Bangun Solidaritas Pemuda maju dan Berkelanjutan.

Nilai-nilai kesatuan merupakan warisan dari Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan oleh para pemuda Indonesia dalam  peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Para pemuda bersumpah untuk Bertumpah Darah Yang Satu Tanah Indonesia, Bangsa Yang Satu Bangsa Indonesia dan Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia.

Kita sangat berharap agar nilai dan semangat Sumpah Pemuda terus terpatri di dalam hati sanubari segenap bangsa Indonesia khususnya para pemuda dan mampu diwujudkan dalam perilaku nyata yang menjunjung  tinggi semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan sebagaimana yang dicita citakan oleh para  pahlawan dan pelakau sejarah yang berjuang untuk mewujudkan sebuah Negara besar dan hebat yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi suatu yang amat penting bagi kita untuk dapat menangkat dan menyelami semangat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu peristiwa Sumpah Pemuda harus menjadi kewajiban bagi kita untuk diperingati setiap tahun guna membangun semangat persatuan dan kesatuan di tengah - tengah kehidupan masyarakat dan bangsa kita.

Sehubungan denganitu Panitia Nasional telah menyusun sebuah buku yang berisi pedoman penyelenggaraan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 Tahun 2014. Buku ini  memuat tema dan sub tema serta pelbagai  informasi yang dapat dirujuk sebagai acuan dalam menyelenggarakan  Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86. Dengan memedomani buku ini segenap bangsa Indonesia akan memiliki denyut nadi yang sama dalam mengusung semanagat persatuan dan kesatuan sebagaimana terkandung di dalam Sumpah Pemuda.

Semoga buku ini memberikan manfaat yang besar dalam penyelenggaraan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86. Saya berharap masyarakat Indonesia Khususnya para pemuda dapat melaksanakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 secara bersungguh-sungguh dengan penuh khidmat, bersahaja  namun memberikan dampak yang luas bagi terabangunnya  rasa  persaudaraan, kebersamaan  dan  kesatuan.

Akhirnya  kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi bagi terbitnya buku ini serta tersusun  dan terselenggaranya seluruh  rangkaian  acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke -86 saya ucapakan terima kasih dan  penghargaan  yang setinggi-tingginya. Semoga Allah SWT – Tuhan Maha  Esa santiasa memberikan ridhoNya kepada kita  semua, amin.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger