PEMBUKAAN GELAR POTENSI BUDAYA DIBALAI SENGANGSARI PAJANGAN

Senin, 20 Oktober 20140 komentar



Bhabin Kamtibmas Desa Sendangsari Aipda Tetepana mengghadiri pembukaan Gelar Potensi Budaya di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu 19 Oktober 2014 jam 21.30 Wib.

Acara dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Bantul yang juga mantan Lurah Sendangsari H. Sapta Sarosa, S.Psi, Sekcam Pajangan Bambang Yuliono, SE, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Pamong Desa Sendangsari dan Kepala Dukuh Desa Sendangsari.

Sambutan diawali oleh Lurah Desa Sendangsari, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Gelar Budaya Desa Sendangsari pada tahun ini bertemakan “Pentas Sejuta Aksi Nguri Nguri Tradisi Memupuk  Bakat dan Potensi Seni Budaya Desa Sendangsari” yang pelaksanaannya dari tanggal 19 Oktober hingga 2 Nopember 2014.

Kesenian dan Kebudayaan yang ditampilkan berupa Kethoprak dari Mangir, Jathilan dari Kayen, Hadroh dari Beji Kulon, Jetis, Kabrokan Wetan dan Gupakwarak, Sholawat dari Panjangan, Dadapbong, Kabrokan Kulon dan Jaten, Macopat, Tari dan Gejok Lesung dari Sendnagari, Mangir Kidul dan Karang Taruna dan terakhir Reog dari Mangir, Kamijoro dan Benyo.

Beliau berharap dengan potensi seni dan budaya di Desa Sendangsari dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan warga masyarakat Desanya.

Sekcam Pajangan dalam sambutannya menyampaikan, Kec. Pajangan banyak memiliki potensi kesenian, kebudayaan, wisata sejarah, wisata kuliner untuk itu berharap dengan adanya Gelar Potensi kesenian dan Kebudayaan ini dapat mengangkat citra dan kesejahteraan masyarakat Pajangan.

DPRD dengan Perda Kesenian dan kebudayaan nantinya sangat relevan dan dapat dilaksanakan sehingga potensi-potensi kesenian dan kebudayaan dapat terangkat dan dikembangkan sehingga kesenian dan kebudayaan warisan leluhur dapat terjaga dan lestari.

Setelah memberikan sambutanya, Sekcam Pajangan membuka denga resmi Acara Gelar Potensi Budaya Sendangsari dilanjutkan dengan pementasan Kethoprak dari Kethoprak Gilang Mudho Canggah Wareng Ki Ageng Mangir dari Mangir Sendangsari Pajangan pimpinan Bpk. Gansar Prakoso (Purnawirawan Polres Bantul). Pagelaran Kethoprak mengambil lakon Warok Jogo Rogo.

Lurah Sendangsari termasuk pemain dalam Kethoprak tersebut dan berperan sebagai anak Warok Jogo Rogo yang bernama Joko Prasetyo dan Warok jogo Rogo sendiri diperankan oleh Bpk. Gangsar Prakoso.

Pagelaran Kethoprak di Balai Desa Sendangsari selesai pada jam 02.00 Wib situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger