PERESMIAN KANTOR SAR KELAS B YOGYAKARTA DI SEDAYU BANTUL

Rabu, 22 Oktober 20140 komentar



Badan SAR Nasional (Basarnas) meningkatkan status Pos SAR Yogyakarta menjadi Kantor SAR Kelas B Yogyakarta, Selasa, 21 Oktober 2014 di Jalan Wates Km 11, Sedayu, kabupaten Bantul. Kantor SAR Kelas B Yogyakarta diresmikan oleh Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB.Soelistyo

Peresmian kantor SAR Yogyakarta dihadiri oleh Kepala Basarnas Marsma TNI Bambang Sulistyo, Kapolda DIY diwakili Kasat Brimob Polda Diy Kombes Ajuk Wibawa, SIK, Danrem 072/PMK Brigjen TNI M Sabrar Fadilah, Gubernur AAU Marsda Sugiharjo, Danlanud Diy Marsekal PertamaYadi Hendriyadi, Danlanal Kolonel Laut (P) Daniel Muji Raradi, Bupati Bantu Ibu H. Sri Surya Widati, Kapolres Bantul yang diwakili Kasat Sabhara AKP Riyono, SH, Dandim Bantul Letkol Kav.  Tumadi, S.Sos, Kapolsek Sedayu Kompol Darwis, Danramil Sedayu Lettu PHB Stefanus. S, Camat Sedayu Bapak Priya Atmaja, SH serta tamu undangan kurang lebih 500 orang.

Adapun rangkaian kegiatan dalam peresmian Kantor SAR Yogyakarta ini diawali dengan Pelatihan Potensi SAR, Acara inti peresmian, kemudian dilanjutkan dengan Rapat koordinasi SAR, peresmian Pengurus Dharmawanita kantor SAR Yogyakarta dan Pameran peralatan SAR mulai dari helikopter, truk evakuasi, jet skie, perahu karet dan alat komunikasi serta alat evakuasi lainnya.

Pelatihan SAR dilaksanakan sejak Minggu (19/10) dan ditutup pada hari ini bersamaan pada saat peresmian kantor SAR. Adapun materi pelatihan SAR adalah teknik penyelamatan di air atau water rescue. Penyampaian materi pelatihan water recue dilaksanakan di Waduk Sermo, Kulonprogo dan diikuti oleh sebanyak 60 peserta. Peserta pelatihan terdiri atas berbagai unsur Potensi SAR yang ada di Yogyakarta.

Peresmian Kantor SAR Yogyakarta  ditandai dengan pelepasan balon ke udara kemudian pemotongan pita dan  penandatanganan prasasti oleh Kepala Badan SAR Nasional dan Gubernur D.I.Yogyakarta. Seletah itu Kepala Basarnas dan Gubernur DIY membuka selubung atau tirai yang menutup plakat "Kantor SAR Yogyakarta", dan dilanjutkan dengan meninjau Kantor SAR dan sejumlah peralatan SAR yang dipamerkan.

Selain diresmikannya Kantor SAR Yogyakarta, Basarnas juga menggelar Rapat koordinasi SAR yang diikuti oleh perwakilan potensi SAR baik dari TNI, POLRI, instansi dan relawan yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tidak hanya itu, Ibu Kepala Badan SAR Nasional Ratih Soelistyo juga meresmikan susunan pengurus Dharmawanita Kantor SAR Yogyakarta.

Dalam kontek bencana Basarnas dan relawan SAR berada dalam tahapan tanggap darurat dan Basarnas sebagai koordinator dalam tanggap darurat. Yang punya gawe adalah BPBD, yang mengerjakan bersama sama. Untuk musibah kecelakaan untuk yang menjadi leding sektor adalah basarnas, supaya tidak tempuk dilapangan karena pemahaman yang tidak sama.

Sri Sultan Hamengku Buwono ke X dalam sambutannya mengatakan, berdirinya kantor SAR ini akan menangani kejadian musibah yang datang sewaktu waktu. Sementara profesi SAR adalah profesi yang sulit, petugas SAR harus mengambil keputusan sulit sendiri karena menyangkut nyawa korban. Sementara korban ini sangat mengandung resiko yang sangat tinggi. Tidak ada profesi yang begitu mulia, mengandung resiko bagi dirinya sendiri.

Jika ada petugas SAR yang hanya berwacana dan hanya melihat korban saja maka baiknya dia menjadi profesi lainnya saja. Seiiring dengan perkembangan jaman baik didarat, laut dan udara, untuk kesiapan SAR, dan mengantisipasi masalah tersebut adalah mendirikan pos dan kantor SAR.

Maka dengan kehadiran kantor SAR ini dapat menjawab kebutuhan kesiapan dengan reaksi tanggap darurat yang cepat handal dan aman, yang didukung oleh fasilitas dan sumber daya manusia yang memadai.

Saya berharap, diJogja ini tenaga basarnas dan medis, BPBD, PMI dan para pakar dapat menentukan standart pertolongan pertama dan penanganan bencana. Dari pengalaman erupsi dan gempa tahun 2006 rata rata bedah tulang, dan pada erupsi tahun 2010. Bedah plastik.

Di Jogja ini faktanya banyak memiliki potensi bencana, tidak hanya banjir. Tapi juga longsor, gempa bumi dan erupsi gunung merapi.

Selama berlangsungnya kegiatan peresmian terseut personil Polsek sedayu dipimpin oleh Kapolsek sedayu Kompol Darwis melaksanakan pengamanan dengan tujuan kegiatan berjalan lancar tertib. (Sihumas Sedayu)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger