SAT SABHARA POLRES BANTUL MELAKSANAKAN OPERASI ANJAL DAN GEPENG

Selasa, 14 Mei 20130 komentar



Hari Selasa tanggal 14 Mei 2013 pukul 10.30 Wib, Anggota gabungan Sat Sabhara Polres Bantul Ton Dalmas Regu II dengan Sat Pol PP dan Dinas Sosial Kab. Bantul yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Riyono, SH, KBO Ipda Edi Susanto dan Iptu Dwi Santosa melaksanakan operasi gepeng (gelandangan & pengemis) dan Anjal (Anak Jalanan) di wilayah hukum Polres Bantul dengan sasaran pengamen yang ada di simpang empat sepanjang jalan Ringrod selatan mulai dari Simpang empat Tamantirto, Kasihan sampai dengan Simpang empat Blok O Banguntapan yang terbagi dalam 2 kelompok di tiap kelompok terdapat anggota Polri ,Pol PP, dan Dinas Sosial Kab. Bantul.

Para pengamen jalanan tersebut selain mengganggu pemandangan dan arus lalu lintas juga melanggar pasal 504 KUHP yang berbunyi : ayat 1 berbunyi “Barang siapa minta-minta (mengemis) ditempat umum dihukum karena meminta minta dengan kurimgan selama-lamanya enam minggu, dan ayat 2 berbunyi “Minta minta yang dilakukan bersama-sama oleh tiga orang atau lebih , yang masing masing umurnya lebih dari 16 th dihukum kurimgan selama lamanya tiga bulan.

Dalam operasi tersebut personil Sat Sabhara menurunkan 20 Personilnya, sedangkan dari Polisi Pamong Praja Kabupaten Bantul sebanyak 11 Personil dan Dinas Sosial dari Kabupaten Bantul sebanyak 4 personil.

Kegiatan tersebut mendapati : 25 gelandangan dan pengamen yang terdiri dari 1 orang cacat dengan kursi roda, 10 anak-anak, 2 balita, 1 cacat gagu, 6 remaja punk dan 5 orang tua. Dengan rincian 9 perempuan dan 16 laki laki. Selanjutnya untuk yang cacat 1 orang dititipkan di Panti Rehabilitasi Cacat di Kecamatan Pundong dan 17 anak anak serta balita di bina ke Dinas Sosial Kecamatan Sewon Bantul, dan untuk 7 orang dilaksanakan penindakan tipiring yang rencananya akan disidangkan pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2013 di Pengadilan Negeri Bantul.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger