POLSEK PLERET AMANKAN ACARA PUNCAK REBO PUNGKASAN

Rabu, 01 Januari 20140 komentar



Selasa, 31 Desember 2013 bertempat di desa Wonokromo Pleret telah berlangsung acara tradisi Rebo Pungkasan yaitu hari Rabu terakhir di bulan Shafar dengan agenda sedekah lemper. Upacara Rebo pungkasan ini diselenggarakan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta untuk mengenang dan menghormati seorang kyai pertama di Wonokromo yaitu Kyai Faqih Usman atau Kyai Welit.

Pada kegiatan tersebut Kapolsek Pleret AKP Danang Kuntadi menerjunkan seluruh personilnya untuk melaksanakan pengamanan sejak pukul 17.00 Wib. Pengamanan dibantu oleh Koramil dan saka bhayangkara Pleret serta masyarakat sekitar. Dalam pengamanan seluruh personil di bagi untuk melaksanakan kegiatan baik dalam pengaturan arus lalulintas, patroli dan juga pelaksanaan pengawalan arak arakan Lemper raksasa.

Pada pukul 20.30 Wib lemper raksasa yang sebelumnya di siapkan di Masjid Al-Huda Karanganom Wonokromo Pleret siap diberangkatkan dengan dipimpin oleh Lurah Wonokromo Ahmad Guswanto. Selanjutnya dengan pengawalan dari mobil dinas Polsek Pleret, prajurit Kraton Yogyakarta dan bregodo Wonokromo, Lemper raksasa diarak dengan cara ditandu menuju balai desa Wonokromo dengan diiringi shalawatan, kubrosiswo, dan rodat. Ribuan pengunjung memadati sepanjang rute dari masjid Al Huda hingga balai desa Wonokromo untuk menyaksaiakan arak arakan tersebut.

Puncak acara tradisi Rebo Pungkasan ini adalah dibagikannya Lemper Raksasa ini kepada para pengunjung yang hadir, dan diperebutkan oleh masyarakat karena dianggap sebagai berkah bagi yang bisa membawa pulang, namun sebelum diperebutkan terlebih dahulu di doakan oleh sesepuh desa. Kegiatan Rebo Pungkasan berakhir dalam keadaan aman dan tertib. (Sihumas Pleret)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger