TIM SAR SABHARA DAN POLAIR POLRES BANTUL TINGKATKAN KEMAMPUAN SARNYA

Senin, 03 Februari 20141komentar



Sat Sabhara Polres Bantul mengadakan latihan SAR dan sekaligus latihan merangkai serta penggunakan perahu karet yang baru diterima dari Polda DIY yang digelar di Suangan Kali Oya, Samas, Bantul, Kamis 30 Januari 2014 pukul 09.00 Wib.

Latihan langsung dipimpin oleh Wakapolres Bantul Kompol Dony Siswoyo, SIK yang didampingi oleh Kasat Sabhara AKP Riyono, SH dan Kasat Polair AKP Asnawi yang diikuti Tim SAR Sabhara dan Polair. Latihan ini juga dihadiri oleh Dir Sabhara Polda DIY.

Waka Polres Bantul mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan ini untuk melatih keterampilan personil SAR dalam penanganan korban banjir dan korban tenggelam dengan mengunakan perahu karet yang baru diberikan oleh Polda DIY, katanya.

Dalam latihan ini personil dilatih tata cara atau teknik penggunaan perahu karet dan juga langkah mengevakuasi korban tenggelam untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan Tim Sar Sat Sabhara Polres Bantul dan Polair dalam rangka menunjang tugasnya.

Diharapkan para peserta latihan dapat memahami prosedur dan mampu melaksanakan pencarian serta pertolongan terhadap korban kecelakaan di laut maupun di sungai, tutup Wakapolres Bantul.

Kasat Sabhara menjelaskan, sementara materi yang disampaikan pada latihan ini meliputi protap pertolongan korban diantaranya teknis pengangkatan korban secara perorangan maupun berpasangan. Pertolongan permukaan air, pertolongan dalam air, pencarian dan pertolongan korban tenggelam dan teknik menarik korban di permukaan serta pengenalan peralatan perahu karet dan cara pemakaianya , jelasnya.

Latihan ini akan dilaksanakan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di air, sehingga personil Sar benar benar mampu bertindak untuk memberikan bantuan pertolongan apabila terjadi kecelakaan, tutupnya.

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

13 Juni 2014 pukul 11.33

maaf mau tanya pak/mas admin,ada pendaftaran SAR g y

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger