POLRES BANTUL GELAR APEL PERGESERAN PASUKAN PENGAMANAN PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014

Rabu, 09 April 20140 komentar



Personil Polres Bantul beserta jajaran Polsek Polres Bantul dan Pasukan bantuan mengikuti pagelaran apel pergeseran pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilu Legislatif Tahun 2014 pada tahap pemungutan dan penghitungan suara di TPS di seluruh wilayah hukum Polres Bantul, Selasa, 9 April 2014. Apel yang diselenggarakan di halaman Mapolres Bantul ini dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Surawan. SIK.

Maksud dan tujuan diadakan Apel Pergeseran Pasukan sebagai bagian dari tahapan manajemen operasi khususnya untuk sarana pengecekan akhir tentang kesiapan personel yang akan melaksanakan tugas dibawah kendall operasi pengamanan TPS di Polres Bantul, juga dengan pelaksanaan apel pergeseran pasukan ini diharapkan akan dapat menumbuhkan atau membangkitkan kembali pemahaman, tekad dan komitmen kita bersama, yaitu bahwa seluruh jajaran Polda D.I. Yogyakarta dengan segenap sumber daya yang dimiliki siap mengamankan pemilu tahun 2014 di wilayah DIY pada seluruh tahapannya dengan dilandasi prinsip netralitas baik secara satuan maupun perorangan oleh seluruh anggota.

Kapolres Bantul dalam amanatnya mengatakan, mencermati pantauan atau pemberitaan melalui media massa baik pada media cetak maupun media elektronik terkait dengan siskamtibmas pada pemilu 2014 sampai dengan saat sekarang ini, secara umum memang masih relatif cukup terkendali dan kondusif, walaupun didalamnya sempat diwarnai adanya aksi kekerasan, seperti penembakan aktivis partai di aceh serta munculnya isu tentang terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu di berbagai wilayah, seperti pelibatan anak anak dalam kegiatan kampanye, perusakan atau pengambilan atribut partai, pelibatan massa dari luar daerah yang menyalahi ketentuan, money politics dan lain sebagainya.

Selanjutnya, untuk mensikapi berbagai fenomena diatas, dikaitkan dengan munculnya embrio potensi kerawanan yang ada di DIY khususnya yang sudah mulai terlihat selama masa tahapan kampanye terbuka yang baru saja berakhir, maka tahapan pemungutan dan penghitungn suara di TPS, adalah merupakan sebuah tahapan yang amat krusial sekaligus potensial akan terjadinya permasalahan-permasalahan yang dapat mengundang kerawanan, seperti adanya komplain warga yang tidak dapat menggunakan hak suaranya, protes terhadap jalannya penghitungan suara maupun potensi terjadinya konflik sosial baik antar massa Parpol maupun antar massa pendukung caleg tertentu, sehingga semuanya harus benar benar mampu dideteksi, diantisipasi, atau ditanggulangi dengan sebaik-baiknya melalui perhitungan dan langkah-langkah yang cermat, tepat dan komprehensif, dalam jalinan sinergitas internal seluruh fungsi atau satgas serta jalinan sinergitas eksternal dengan seluruh pihak yang terkait seperti unsur KPU, Bawaslu, Panwaslu, KPPS, TNI, Parpol berikut unsur satgas yang ada serta dengan seluruh potensi masyarakat lainnya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa DIY selama ini dikenal dengan berbagai predikat, seperti sebagai kota budaya, kota pendidikan, kota tujuan wisata, kota perjuangan dan lain sebagainya termasuk dianggap juga sebagai salah satu barometer situasi politik di tanah air, sehingga tentu saja hal ini mengandung sebuah konsekwensi, seandainya terjadi situasi politik yang tidak kondusif di wilayah DIY, maka pasti akan menjadi perhatian publik secara luas bahkan dapat bedampak pada situasi politik secara nasional, untuk itu dengan berbagai potensi kerawanan yang dapat muncul sewaktu-waktu pada saat tahap pemungutan maupun penghitungan suara tersebut, kita semua sangat berharap peran serta dan dedikasi maksimal dari para petugas pengamanan langsung di TPS TPS, baik yang berbentuk informasi dini maupun tindakan dini terhadap situasi yang mungkin muncul atau berkembang di lokasi dimana saudara ditugaskan.

Sebelum mengahiri amanatanya Kapolres memberi penekanan untuk diatensi dan dipedomani dengan sungguh sungguh dalam pelaksanaan tugas pengamanan TPS nantinya, sebagai berikut:

1. Pahami tugas pokok, fungsi dan peran masing-masing dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan semuanya akan mampu menguasai cara bertindak atau apa yang harus dikerjakan dalam berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

2. Siapkan dengan baik kondisi mental dan fisik, sehinga tugas-tugas nantinya dapat di emban atau dilaksanakan dengan maksimal.

3. Lakukan orientasi pada wilayah dimana saudara ditugaskan untuk mendapatkan gambaran atau informasi dasar tentang situasi atau karakter wilayah penugasan masing-masing.

4. Jangan meninggalkan wilayah penugasan sebelum akhir pelaksanaan tugas serta laporkan setiap perkembangan situasi kepada unsur pimpinan di satuan kewilayahan secara berjenjang dengan melalui sarana komunikasi yang ada.

5. Hindari segala sikap dan perilaku yang dapat merusak atau menurunkan citra dan kredibilitas Polri, dengan senantiasa mengedepankan pendekatan sebagai sosok penolong serta pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

6. Khusus kepada para Kasatgasda berikut para Kasubsatgasda berdayakan seluruh personel yang terlibat untuk melaksanakan back up pengamanan pada satuan kewilayahan melalui komunikasi dan koordinasi yang sebaik-baiknya dengan para Kasatwil.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan, kekuatan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua khususnya dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu di daerah Bantul, sehingga semuanya berjalan dengan aman, lancar dan sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Setelah apel pergeseran pasukan selesai selanjutnya peserta apel melaksanakan tugas pengamanan dan Pengawalan pendistribusian logistik pemilu ke TPS TPS sesuai ploting yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam kesempatanya Kasubbag Humas Polres Bantul AKP Sutrisno menghimbau masyarakat agar tidak perlu takut dalam memilih.  Apabila ada intimidasi dari pihak tertentu, masyarakat dapat melaporkan ke pihak kepolisian.  Untuk personil diharapkan agar bekerja dengan profesional dan proporsional sehingga terwujud Pemilu yang aman, dan pemimpin yang berkualitas.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger