POLRES BANTUL ADAKAN SAFARI KAMTIBMAS DI WILAYAH KECAMATAN PAJANGAN

Senin, 02 Juni 20140 komentar



Polres Bantul dan Polsek Pajangan mengadakan Safari Kamtibmas secara serentak di 3 desa yang ada di Wilayah kecamatan Pajangan, Kamis, 29 Mei 2014 jam 20.00 Wib. Adapun desa tersebut adalah Desa Guwosari, Desa Sendangsari dan Desa Triwidadi.

Tim Safari Kamtibmas yang melaksanakan safari kamtimas di desa Sendangsari adalah Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo Kasat Binmas Polres Bantul AKP. B. Muryanto, Paurkes Polres Bantul Iptu gunarto, Kanit I Intelkam Polres Bantul Ipda Agus Patriatin, Kanit Sabhara Polsek Pajangan Ipda Munadi, Kanit Provos Polsek Pajangan Aiptu Achmad Basroni, Kasium Polsek Pajangan Aiptu Purwanto dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Tetepana.

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Koramil Pajangan Serma Parjangkung,  perangkat Desa Sendangsari, ketua tim penggerak PKK Desa Sendangsari, kepala Dukuh, tokoh masyarakat, LPMD Sendangsari, BPD Desa Sendangsari, ketua RT dan  FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) Desa Sendangsari, peserta sejumlah ± 50 orang. 

Lurah Desa Sendangsari dalam sambutannya menyambut baik adanya kegiatan Safari Kamtibmas ini. Ia mengahrapkan kepada masyarakat untuk bertanya dan menyampaikan gagasannya pada forum ini. Mengenai Pemilu Presiden Ia mengharapkan bantuan dari segenap masyarakat untuk menyukseskannya.

Ibu Camat pada kesempatan tersebut menyampaikan agar kegiatan safari kamtibmas dapat dilakukan secara periodik. Kita semua diharapkan mengantisipasi tindakan kejahatan yang semakin fariatif untuk itu perlu kerjasama dari semua unsur Pemerintah dan masyarakat.

Menjaga Kamtibmas tidak hanya tugas dari Polri saja, hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama. Ia mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan pemilu legislatif 2014 di Kec. Pajangan dan khususnya Desa Sendangsari berjalan aman, tertib dan lancar.

Terakhir Ia menyampaikan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga dan menyukseskan Pemilu Pilpres 2014 agar berjalan aman, tertib dan lancar sesuai harapan kita semua.

Kapolsek Pajangan menyampaikan uacapan terimakasih atas kehadiran selurus peserta safari kamtibmas.  Banyak hal yang di dapat Polsek Pajangan atas kedekatannya dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas. Kedekatan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari dengan masyarakat dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Desa Sendangsari, partisipasi dan kerjasama dari para kepala dukuh dan komponen masyarakat lainnya dapat meminimalisir kerawanan dan konflik di Desa Sendangsari.

Ia membuka kesempatan agar masyarakat tidak perlu sungkan untuk memberitahukan permasalahan sekecil apapun di masyarakat dengan Bhabinkamtibmas di Desanya sehingga permasalahn dapat segera diatasi atau dapat melaporkan langsung ke Polsek Pajangan. Dalam kesempatan ini kami mengharapkan Kritik dan masukkan guna meningkatkan pelayanan kami epada masyarakat.

Kapolsek mengajak bekerjasama menjaga situasi yang kondusif agar Pilpres 2014 bisa sukses dan lancar. Terakhir Ia menyampaikan terimakasih atas kerjasamanya selama ini dan permohonan maaf bila ada kesalahan karena beliau akan berpindah posisi bertugas di Polda DIY.

Menginjak acara Inti Kasat Binmas Polres Bantul menyampaikan bahwa Kepala Polres Bantul memerintahkan jajaran Perwira di Polres dan jajaran Polsek serta Bhabinkamtibmasnya untuk mengadakan safari kamtibmas diseluruh Desa di Kab. Bantul.

Tujuan dari safari kamtibmas ini untuk mendekatkan diri Polri dengan masyarakat, baik itu pesantren, Desa, sekolah, pemuda, FKPM  dan komponen masyarakat lainnya guna mengetahui langsung kondisi kamtibmas dan permasalahannya ditingkat masyarakat sehingga segala permasalah dapat diketahui dan dapat dicari solusi pemecahannya sehingga kamtibmas sebagai penunjang pembangunan dan kesejahteraan dapat dicapai.

Seluruh masyarakat dan komponen masyarakat mempunyai tanggung jawab menjaga kamntibmas sesuai dengan profesinya masing-masing, segala permasalahan dapat disampaikan kepada tim untuk dicarikan solusinya.

Masyarakat diharapkan untuk tidak melakukan tindak pidana atau kejahatan lainnya karena akan dituliskan pada saat pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan kepolisian). Masyarakat tidak boleh main hakim sendiri ketika menangkap pelaku kejahatan dan segera melapor ke Kepolisian terdekat atau Bhabinkamtibmasnya.

Mengenai miras(minuman keras) Kab. Bantul telah mengeluarkan Perda terbaru yaitu Perda No 2 Tahun 2012, bahwa yang menjual, yang menyimpan, yang membuat, yang mengedarkan, yang membeli dan yang meminum dapat dihukum dengan ancaman kurungan 3 bulan dan atau denda Rp 50 juta untuk itu laporan dari masyarakat kami harapkan.

Pajangan harus zerro miras, karena miras identik dengan penyakit masyarakat / kejahatan dan di setiap Desa perlu dipasang spanduk untuk bebas miras.

Untuk mengatasi narkoba Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun hingga hukuman mati. Masyarakat juga harus mewaspadai bahaya laten terorisme, mencurigai orang-orang baru biasanya pelaku teroris hidupnya selalu berpindah-pindah dan tidak mau bergaul dengan masyarakat, apabila mendapati hal-hal seperti itu harap masyarakat diharapkan berkoordinasi dengan Dukuh, Desa dan Polsek. 

Kepolisian bersyukur kepada Allah SWT, berbagai aksi teroris, korupsi dan kejahatan lainnya dengan berbagai modus baru dibukakan jalan sehingga dapat terungkap dan dicegah.

Masyarakat dapat berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk diadakan safari kamtibmas di pedukuhannya, mengenai Narkoba Kami dapat mengajak Serse Narkoba nantinya dibawakan sampel-sampel Narkoba / Napza.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab sehingga komunikasi berjalan dua arah.

Sementara Tim yang melaksanakan safari kamtibmas di desa Desa Triwidadi dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Riyono dan dengan anggota Tim adalah Iptu Supriyono (KBO Reskrim Narkoba), Ipda Marwoto (Kanit II Sat Intelkam Polres Bantul) dan Ipda Isnaini Kanit II Tipikor.

Hadir dalam safari kamtibmas di desa Triwidadi adalah Danramil Pajangan Kapten Armed Waluyo, Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto, Kanit reskrim Polsek Pajangan Ipda Muji Suharjo, SH, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Kanit Intel Polsek Pajangan Aiptu Joko Suparno,Bhabinkamtibmas Triwidadi Aipda Ngadiman. Masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut sejumlah 75 orang dari kepala Dukuh, LPMD, BPD, Pemuda Karang Taruna, tokoh agama dan tokoh masyarakat desa Triwidadi.

AKP Riyono pada kesempatan tersebut membahas Undang-Undang Perlindungan Anak dan KDART (Kekerasan dalam rumah tangga). Pada kesempatan tersebut dilakukan tanya jawab, masyarakat dapat menyampaikan permasalahan dan masukkan mengenai kondisi Kamtibmas di Desa Triwidadi.

Sedangkan pelaksanaan safari kamtibmas di Desa Guwosari dipimpin oleh Kasat narkoba AKP Hery Maryanta dengan anggota tim AKP Sutrisno, Iptu Lukman dan Ipda Sargito.

Sedangkan dari Polsek Pajangan Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng, Aiptu Subari Anggota Binmas Pajangan dan Brigpol Supri Handono, SH Bhabinkamtibmas Desa guwosari, Sekcam Pajangan Bambang Yuliono, SE, Lurah Guwosari HM. Suharto, Perangkat Desa, para Kepala Dukuh, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pemuda Guwosari sejumlah ± 40 orang.

Pada kesempatan tersebut dibahas mengenai Narkoba dan Miras. Pada acara ini dilakukan tanya jawab dengan tim safari kamtibmas. Semua permaslahan dan masukkan tidak lupa disampaikan pada kesempatan tersebut.

Hingga selesainya kegiatan Safari kamtibmas Polres Bantul di Kec. Pajangan situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger